Perhitungan Hambatan pada Perahu Tradisional

  • Mufti Fathonah Muvariz Program Studi Teknik Perencanaan dan Konstruksi Kapal, Politeknik Negeri Batam
  • Nidia Yuniarsih Program Studi Teknik Perencanaan dan Konstruksi Kapal, Politeknik Negeri Batam
  • Sapto Wiratno Satoto Program Studi Teknik Perencanaan dan Konstruksi Kapal, Politeknik Negeri Batam
  • Naufal Abdurrahman Prasetyo Program Studi Teknik Perencanaan dan Konstruksi Kapal, Politeknik Negeri Batam
  • Nurman Pamungkas Program Studi Teknik Perencanaan dan Konstruksi Kapal, Politeknik Negeri Batam
Keywords: traditional boat, resistance, pancung, displacement

Abstract

Nama lain perahu di Batam disebut dengan boat atau pancung. Masyarakat belakang padang, moda transportasi boat ini merupakan sarana utama penyebrangan menuju pulau Batam. Boat dibuat dari bahan utama kayu. Saat ini boat yang terbuat dari bahan utama kayu beralih menjadi berbahan fiberglass. Bagian perahu yang utama adalah bagian lambung. Untuk perahu tradisional, terutama untuk yang berbahan kayu, lambung perahu dibuat dengan keahlian teknis dan pengalaman dari pekerja galangan, tidak dilakukan perhitungan secara numerik untuk membangun kapal tersebut. Maka diperlukan analisa perhitungan numerik pada desain kapal dari galangan tradisional. Perahu tradisional di desain berdasarkan data survey lapangan. Pemodelan perahu, perhitungan hidrostatik, dan perhitungan hambatan menggunakan aplikasi Maxsurf. Hasil yang didapat adalah harga displacement kapal sebesar 1.814 ton. Besarnya hambatan dan powernya adalah 0.090 kN dan 0.299 kW pada saat kecepatan kapal 4.985 knots.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mufti, F.M. et al, “Issue in Design of Indonesian Traditional Ships”, Journal of Ocean, Mechanical and Aerospace -Science and Engineering-, Vol.12, pp: 7-12, 2014

Rosmani dkk, “Pengaruh Bentuk Lambung Kapal Terhadap Tahanan Kapal”, Prosiding Hasil Penelitian Fakultas Teknik UNHAS, Vol. 7., Hal. TP3-1 – TP3-8, 2013

Wibowo, H.T. dan Talahutu, M.A., “Pengembangan Desain Kapal Lambung Pelat Datar”, Prosiding Seminar Nasional Tahunan Teknik Mesin (SNTTM) ke – 9, Palembang, 13 – 15 Oktober, Hal. III-135 – III-137, 2010

Wibawa B.S, A dkk, “Perancangan Kapal Tongkang Sebagai Penyebrangan Masyarakat di Sungai Bengawan Solo, Desa Jimbung Kabupaten Blora – Desa Kiringan Kabupaten Bojonegoro”, Jurnal Kapal, Vol. 9, No. 1, Hal. 38 – 46, 2012.

Crismianto dkk, “Analisa Pengaruh Modifikasi Bentuk Haluan Kapal Terhadap Hambatan Total Dengan Menggunakan CFD”, Jurnal Kapal, Vol 11, No1, Hal 40-48, 2014.

Oni, R. Dan Utama, I.K.A.P., “Analisa Pengaruh Bentuk Lambung Axe Bow Pada Kapal High Speed Craft Terhadap Hambatan Total”, Jurnal KAPAL, Vol. 12, No. 2, Hal. 78 – 87, 2015.

Sahlan dkk, “Pengaruh Bentuk Lambung Kapal Terhadap Pola Aliran dan Powering Pada Kapal Perairan Sungai dan Laut”, Jurnal KAPAL, Vol 13, No 1, Hal 1-6, 2016.

Baskoro, H., Manik, P., & Iqbal, M. “Analisa Hambatan Dan Olah Gerak PVC (Polyvinyl Chloride) Fishing Vessel Dengan Metode Pendekatan Computational Fluid Dynamic (CFD)”, Jurnal Teknik Perkapalan, Vol. 5(1), Hal. 57 – 63, 2017.

Published
2019-12-31
How to Cite
Muvariz, M., Yuniarsih, N., Satoto, S., Prasetyo, N., & Pamungkas, N. (2019). Perhitungan Hambatan pada Perahu Tradisional. Jurnal Teknologi Dan Riset Terapan (JATRA), 1(2), 81-85. Retrieved from https://jurnal.polibatam.ac.id/index.php/JATRA/article/view/1797