Studi Perhitungan Tahanan Kapal Kontainer 8500 DWT

  • Mufti Fathonah Muvariz Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Batam
  • Sulistyo Wibowo Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Batam
  • Naufal Abdurrahman Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Batam
  • Hendra Saputra Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Batam
  • Sapto Wiratno Satoto Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Batam
  • Nidia Yuniarsih Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Batam
  • Nurman Pamungkas Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Batam
Keywords: kapal kontainer, hambatan kapal, hidrostatik

Abstract

Negara Indonesia adalah negara maritim, Negara yang mempunyai banyak sungai dan lautnya. Dalam proses transportasi antar pulau yang terpisahkan oleh peraiaran, sarana transportasi laut dan sungai sangat dibutuhkan.  Untuk menunjang perekonomian negara dan juga sarana transportasi hasil bumi, salah satu alat yang dibutuhkan adalah kapal kontainer. Kapal kontainer adalah kapal yang didesain khusus dan digunakan hanya untuk mengangkut kontainer. Kapal kontainer memiliki desain khusus sesuai ukuran peti kemas yang sudah distandarkan. Untuk menentukan nilai hambatan dan nilai data hidrostatiknya perlu dilakukan pemodelan desain lambung kapal 3D  menggunakan bantuan software perkapalan. Metode yang digunakan dalam perancangan desain 3D lambung kapal adalah menggunakan bantuan software maxsurf enterprise v8i. Tujuan dari perancangan kapal ini adalah untuk mengetahui data hidrostatik dan besar hambatan dari bentuk kapal. Dari Perhitungan didapatkan nilai-nilai sebagai berikut : Cb = 0,74,  Cm = 0,99, Cwl = 0,844, Cp = 0,7515, Cpv = 0,8815. Diperoleh juga nilai dari  Volume Displacement = 9699,37 m3, Besar Displacement = 9941,87 ton dan juga nilai Hambatan Kapal sebesar 221,182 kN.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Santosa, I Gusti Made, Diktat Kuliah Perancangan Kapal. ITS Surabaya: 1999

Sofi’i, Moch., dan Indra Kusna Djaja, Teknik Konstruksi Kapal Baja Jilid 1. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Diretorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

ClassNK. Register of Ships. Ship’s Name Dugyu. https://www.classnk.or.jp/register/regships/one.aspx. Diakses tanggal 15 Juni 2017 jam 22:00 WIB.

Dinariyana, A.A.B, Ukuran Utama Kapal dan Istilah-Istilah dalam Desain Kapal. ITS Surabaya, 2011

Zulkifrah, Sarwan. Tugas Prarancangan Kapal Kapal Barang Umum (General Cargo) 7000 DWT Trayek Kendari-Makassar-Surabaya Kecepatan 15,5 Knot. Universitas Hasanuddin, 2013/2014.

Lewis, Edward V, Principles of Naval Architecture (Second Revision), Volume I - Stability and Strength. Society of Naval Architects and Marine Engineers (SNAME), 1988. ISBN: 978-0-939773-00-8

Molland, A.F., Turnock, S.R., dan Hudson, D.A., Ship Resistance and Propulsion: Practical Estimation of Ship Propulsive Power, Cambridge University Press, New York, USA, 2011

Published
2019-06-29
How to Cite
Muvariz, M., Wibowo, S., Abdurrahman, N., Saputra, H., Satoto, S., Yuniarsih, N., & Pamungkas, N. (2019). Studi Perhitungan Tahanan Kapal Kontainer 8500 DWT. Jurnal Teknologi Dan Riset Terapan (JATRA), 1(1), 14-19. Retrieved from https://jurnal.polibatam.ac.id/index.php/JATRA/article/view/1333