KEBIJAKAN

1. Fokus dan Ruang Lingkup

Jurnal Teknologi dan Riset Terapan (JATRA) merupakan jurnal yang memuat publikasi hasil dari penelitian dan artikel ulasan ilmiah dengan fokus topik penelitian di bidang teknik/rekayasa yaitu Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Komputer dan Teknik Elektronika

2. Proses Peer Review

Setiap reviewer akan melakukan review maksimal 3 artikel sesuai dengan bidang keahlian nya

3. Frekuensi Penerbitan

Jurnal Teknologi dan Riset Terapan (JATRA) terbit 2 kali dalam setahun yaitu terbit pada bulan Juni dan Desember

4. Kebijakan Akses Terbuka

Jurnal ini menyediakan akses terbuka yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global terbesar.

5. Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk Jurnal JATRA: Jurnal Teknologi dan Riset Terapan?
KE LOGIN

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
KE REGISTRASI

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

6. Petunjuk Penulisan

Anda dapat melihat Pentunjuk Penulisan naskah artikel Jurnal Teknologi dan Riset Terapan (JATRA) disini

7. Pemberitahuan Hak Cipta

Hak Cipta dari tulisan akan menjadi hak penuh Jurnal Teknologi dan Riset Terapan setelah dipublikasi.

Usulan Pembuatan Informasi Hak Cipta

1. Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka

Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:

Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.

Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.

Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).

 2. Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka yang tertunda

Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju pada persyaratan berikut ini:

Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan pekerjaan [TENTUKAN PERIODE WAKTU] setelah penerbitan secara simultan dengan lisensi di bawah: Creative Commons Attribution License yang memudahkan yang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.

Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non-ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.

Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).

8. Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain