Perbandingan Teknis Ukuran Utama dan Hambatan Kapal Pada Lambung Kapal Wisata Pulau Petong
Abstract
Lambung kapal wisata pulau Petong direncanakan akan dibuat dari lambung kapal Pancung lokal yang terdapat di dekitar kepulauan Batam. Alasan penggunaan lambung kapal lokal adalah untuk memunculkan kearifan lokal serta meningkatkan produksi kapal lokal di sekitar pulau Batam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik lambung kapal yang ada di sekitar pulau Batam untuk kemudian disesuaikan dengan kebutuhan lambung kapal wisata. Penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data kapal yang terdapat di sekitar pulau Batam kemudian dibandingkan antara satu dan yang lainnya. Dari 6 kapal yang kemudian dipilih 3 kapal yang memiliki kesamaan bentuk, terdapat 1 kapal yang memiliki karakteristik yang dianggap sesuai untuk kebutuhan kapal wisata. Karakteristiknya adalah dengan ukuran kapal yang panjang, serta lebar, namun memiliki hambatan dan kebutuhan power yang walaupun nilainya tidak paling kecil maupun besar, tapi dianggap sesuai untuk memenuhi kebutuhan kapal.
Downloads
References
B. Utomo, "Pengaruh Ukuran Utama Kapal Terhadap Displacement Kapal," TEKNIK, vol. 31, no. 1, pp. 84-89, 2012. https://doi.org/10.14710/teknik.v31i1.1748
Manik, Parlindungan., Andi Trimulyono dan Andy wibowo. “Studi Perancangan Kapal Katamaran Multifungsi Dikawasan Sungai Banjir Kanal Barat Semarang”. KAPAL, Vol. 9, No. 1, 2012.
K. Klaka, “Catamaran v. monohull: myths, perceptions and reality,” FREMANTLE SAILING CLUB (FSC), Mar-2014. [Online]. Available: https://www.fsc.com.au/wp-content/uploads/2016/07/Catamaran20v20monohull.pdf. [Accessed: Jan-2019].
D. White, “Monohulls Vs Multihulls – Which Do You Choose?,” The Yatch Market, 24-Aug-2015. [Online]. Available: https://www.theyachtmarket.com/articles/sailing/monohulls_vs_multihulls_–_which_do_you_choose/. [Accessed: 23-Dec-2018].
E. Sasmito Hadi, S. Jokosisworo, and W. Widyanto, "Analisa Performa Hullform Pada Pra Perancangan Speed Boat Katamaran Untuk Search And Rescue (SAR) di Pantai Gunungkidul Yogyakarta Berbasis CFD," Kapal: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kelautan, vol. 9, no. 1, pp. 6 - 13, Jan. 2013. https://doi.org/10.14710/kpl.v9i1.3815
M. M. Eko Prayitno, "Analisa Teknis Optimalisasi Sistem Propulsi Kapal Ikan Menggunakan CVT Gearbox," Kapal: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kelautan, vol. 9, no. 3, pp. 116-122, Jan. 2013. https://doi.org/10.14710/kpl.v9i3.4398
Y.-S. Yang, C.-K. Park, K.-H. Lee, and J.-C. Suh, “A study on the preliminary ship design method using deterministic approach and probabilistic approach including hull form,” Structural and Multidisciplinary Optimization, vol. 33, no. 6, pp. 529–539, 2006.