Analisa Tingkat Persepsi Konsumen Terhadap Faktor Penentu Penggunaan Sistem Pembayaran Elektronik Pada Tokopedia

  • Wilsen Wilsen Universitas Bunda Mulia
  • Ekky Yohanes Gunawan Universitas Bunda Mulia
  • Jessica Jessica Universitas Bunda Mulia
  • Johanes Fernandes Andry Universitas Bunda Mulia

Abstract

Sistem Pembayaran Elektronik (SPE) sudah sangat berkembang dibeberapa negara maju seperti UK dan beberapa negara lain yang telah mengembangkan cashless society yang terbukti meningkatkan kualitas hidup dari setiap individu dengan kemudahan yang diberikan dalam sistem pembayaran. Namun hal ini berbanding terbalik dengan keadaan negara Indonesia, negara berkembang yang masih menerapkan sistem pembayaran dengan menggunakan uang. Dari 110 koresponden yang ikut turut serta dalam penelitian ini, kurang dari 40% jumlah koresponden yang menggunakan SPE. Hal ini berarti persepsi konsumen mengenai sistem pembayaran masih terpaku dengan yang konvensional. Sedangkan yang kita tau saat ini banyak e-commerce seperti tokopedia sudah menggunakan sistem pembayaran elektronik. Keamanan dan kepercayaan merupakan faktor penentu bagi pengguna terhadap penggunaan sistem pembayaran online.

References

[1] C. I. Hendy, “Pengembangan Aplikasi CMS E-commerce dengan PHP-CI untuk Mempermudah Penjualan dan Pembayaran Online,” vol. 4, no. 1, pp. 115–122, 2016.
[2] G. S. Budhi, “Analisis Sistem E-Commerce Pada Perusahan Jual-Beli Online Lazada Indonesia,” J. Electron. Informatics, Vocat. Educ., vol. 1, no. 2, pp. 78–82, 2016.
[3] I. K. D, “Perlindungan Hukum Bagi Pelaku Usaha dan Konsumen Dalam Transaksi Jual Beli Secara Online Denfan Pembayaran Melalui Paypal,” E-Journal Grad. Unpar, vol. 1, no. 2, pp. 48–53, 2014.
[4] M. M. Belalawe, “Tinjauan Keamanan Sistem Transaksi dan Pembayaran pada E-Commerce Studi Kasus Toko Online,” Tinj. Keamanan Sist. Transaksi dan Pembayaran pada E-Commerce Stud. Kasus Toko Online, vol. 2013, no. Sentika, pp. 1–6, 2013.
[5] F. Ramadhan and I. M. Jatra, “Pengaruh Impulsse Buying Dan Frekuensi Kunjungan Terhadap niat Pembelian Pada Situs Tokopedia di Kota Denpasar,” vol. 7, no. 2, pp. 759–783, 2018.
[6] Z. Bezhovski, “The Future of the Mobile Payment as Electronic Payment System,” Eur. J. Bus. Manag., vol. 8, no. 8, pp. 2222–2839, 2016.
[7] S. A. Ningrum, A. Kusyanti, and H. Aryadita, “Analisis Pengaruh Kepercayaan dan Resiko Konsumen terhadap Niat Berbelanja di Forum Jual Beli ( FJB ) Kaskus menggunakan Technology Acceptance Model,” vol. 2, no. 2, pp. 459–468, 2018.
[8] K. Kaur and A. Pathak, “E-Payment System on E-Commerce in India,” Int. J. Eng. Res. Appl., vol. 5, no. 2, pp. 79–87, 2015.
[9] D. Y. Prasetyo, “Peranan Website Ecommerce Guna Meningkatkan Perekonomian Di Wilayah Perbatasan ( Studi Kasus Pada Umkm Di,” Selondang Mayang, pp. 1–8, 2016.
[10] S. O. Talib, “E-Commerce Laws And Regulations In India,” vol. 3, no. 4, pp. 66–67, 2016.
[11] J. Bernadi, “Aplikasi Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada Toko Velg YQ,” ComTech, vol. 4, no. 2, pp. 731–741, 2013.
[12] A. Afsar, Z. Nasiri, and M. O. Z. Ph.D, “E-loyalty Model in e-Commerce,” Mediterr. J. Soc. Sci., vol. 4, no. 9, pp. 547–553, 2013.
[13] K. C. Laudon and C. G. Traver, “E-commerce: Business, Technology, Society,” Prentice-Hall, Inc., 2013.
[14] H. Xiaohui, G., Rong, G., & JianYu, W. Chongning, “Key Technology of Distributed E-Commerce System Architecture,” Telkomnika Indones. J. Electr. Eng., vol. 12, no. 5, pp. 3987–3993, 2014.
[15] J. Li, H., & Hong, “Factors Influencing Consumers’ Online Repurchasing Behavior: A Review and Research Agenda,” iBusiness, vol. 5, no. 4, pp. 161–166, 2013.
[16] S. Kosasi, “Perancangan Sistem E-Commerce Untuk Memperluas Pasar Produk Oleh-Oleh Khas Pontianak,” Snastia, vol. 2015, no. Oktober, pp. 110–119, 2015.
[17] H. Mulyasari, T. Thi, B. Dan, A. Bima, and M. Wijaya, “Analisis Jenis Sistem Pembayaran Elektronik Dalam Transaksi E-Commerce Di Indonesia,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Komun., pp. 166–173, 2014.
[18] C. R. Garg, “Importance of E-Commerce Payment System in Less Paper Work,” vol. 2, no. 11, pp. 47–59, 2016.
[19] R. Y. Endra and D. Hermawan, “Fakultas Ilmu Komputer,” J. Sist. Inf. Telemat. (Tellekomunikasi, Multimedia, Inform., vol. 8, no. 2, pp. 167–180, 2017.
[20] K. Widyastuti, P. W. Handayani, and I. Wilarso, “Tantangan Dan Hambatan Implementasi Produk Uang Elektronik Di Indonesia: Studi Kasus Pt Xyz,” J. Sist. Inf., vol. 13, no. 1, pp. 38–48, 2017.
[21] Y. A. P, M. . Mudjahidin, S.T., and M. K. Retno Aulia Vinarti, S.Kom., “Analisis Kepercayaan Pelanggan pada E-Commerce Menggunakan Metode Structural Equation Modeling (Studi Kasus : Mahasiswa Surabaya),” J. Tek. POMITS, vol. 2, no. 1, pp. 1–6, 2013.
[22] M. M. Efendi and D. Trijoyo, “Analisis Faktor Konfirmatori untuk Mengetahui Kesadaran Berlalu Lintas Pengendara Sepeda Motor di Surabaya Timur,” J. Sains Dan Seni Its, vol. 1, no. 1, pp. D106–D111, 2012.
[23] N. I. Sari and J. D. T. P, “Confirmatory Factor Analysis untuk Mengukur Unidimensional Indikator Performa Pengelolaan Lingkungan Hidup dalam Survei Publik Otonomi Award Jawa Pos Institute Of Pro Otonomi Tahun 2011,” vol. 1, no. 1, pp. 1–7, 2012.
[24] M. Anggraeni and M. S. Perdhana, “Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi dan Turnover Intention di PT. Hillconjaya Sakti, Cakung, Jakarta Timur,” vol. 5, no. 2011, pp. 1–10, 2012.
[25] E. Oney, G. O. Guven, and W. H. Rizvi, “The determinants of electronic payment systems usage from consumers’ perspective,” Econ. Res. Istraz., vol. 30, no. 1, pp. 394–415, 2017.
[26] R. J. Hwang, S. H. Shiau, and D. F. Jan, “A new mobile payment scheme for roaming services,” Electron. Commer. Res. Appl., vol. 6, pp. 184–191, 2007.
[27] K. Linck, K. Pousttchi, and D. G. Wiedemann, “Security issues in mobile payment from the customer viewpoint. Proceedings of the 14th European Conference on Information Systems,” ecis, vol. 14, pp. 1–11, 2006.
[28] C. Kim, W. Tao, N. Shin, and K. S. Kim, “An empirical study of customers’ perceptions of security and trust in e-payment systems.,” Electron. Commer. Res. Appl., vol. 9, pp. 84–95, 2010.
[29] J. C. Anderson and D. W. Gerbing, “Structural equation modelling in practice: A review and recommended two steps,” Psychol. Bull., vol. 103, pp. 411–423, 1988.
[30] K. G. Jöreskog and D. Sörborn, Lisrel 8: User’s reerence guide. Chicago: Scientific Software, 1996.
[31] S. H. Wijanto, Structural Equation Modeling Dengan Lisrel 8.8. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2008.
[32] R. Widiyasari and Mutiarani, “Penggunaan metode structural equation modelling untuk analisis faktor yang mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa fip umj,” Fibonacci J. Pendidik. Mat. dan Mat., vol. 3, no. 2, pp. 147–160, 2017.
Published
2018-12-04
How to Cite
[1]
W. Wilsen, E. Gunawan, J. Jessica, and J. Andry, “Analisa Tingkat Persepsi Konsumen Terhadap Faktor Penentu Penggunaan Sistem Pembayaran Elektronik Pada Tokopedia”, JAIC, vol. 2, no. 2, pp. 38-45, Dec. 2018.
Section
Articles