Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kelayakan Kredit Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)

  • Ari Wibowo Politeknik Negeri batam
  • Keanu Kunendra Politeknik Negeri Batam
Keywords: SPK, kelayakan, kredit, SAW

Abstract

Kredit merupakan peminjaman uang terhadap pihak bank yang biasanya digunakan untuk membangun suatu usaha tertentu. Untuk mendapatkan kredit tentu tidak lepas dari kriteria-kriteria nasabah yang pantas mendapatkan kredit dari pihak bank. Oleh karena itu, tidak semua nasabah bisa mendapatkan kredit. Terkait perihal ini tentu perlu suatu sistem pendukung keputusan (SPK) yang mampu menentukan kelayakan seseorang apakah layak menerima kredit atau tidak, dengan adanya sistem ini maka admin lebih mudah untuk mempertimbangkan dan memperhitungkan kriteria-kriteria nasabah yang pantas mendapatkan kredit dari bank. Selain itu dengan adanya SPK tersebut agar sistem pengambilan keputusan nasabah lebih terintegrasi dan memiliki data yang valid. Perhitungan SPK ini didasarkan pada kriteria-kriteria nasabah yang sudah ada pada bank. Pada SPK ini, kriteria-kriteria yang ditentukan oleh bank adalah gaji, tanggungan anak, kemampuan pembayaran, pinjaman lain dan jaminan. Metode yang akan diterapkan pada SPK menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) serta tool yang digunakan sistem ini adalah komputer. Dengan adanya tool dan metode yang digunakan oleh SPK ini menghasilkan sebuah data yang valid serta data tersebut bisa dicetak langsung oleh admin maupun user. Oleh karena itu, SPK ini bisa digunakan oleh pihak bank karena adanya sistem yang sudah terintegrasi serta memiliki data yang sudah valid.

References

[1] Kurniawan, D. E., & Pujiyono, P. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pemasok Bahan Baku Menggunakan Metode Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution. Jurnal Integrasi, 8(1), 56-60.
[2] Kurniawan, D. E., & Amanda, S. T. (2017). Pemilihan Rumah Menggunakan Metode Weight Product Dengan Visualisasi Lokasi Objek. Klik-Kumpulan Jurnal Ilmu Komputer, 4(1), 102-111.
[3] Didik, A, 2015. “Pengertian HTML Fungsi HTML dan Contoh HTML”. Jawa Timur.
[4] Andre, 2014. “Pengertian dan Fungsi PHP dalam Pemrograman Web”. DuniaIlkom. Surabaya.
[5] Suhari, Y., Sujur, M., dan Eniyati, Sri, 2009. “Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Kredit Pada Pt. BPR Artamanunggal Abadi Mranggen”. Fakultas Teknologi Informasi. Universitas Stikubank, Semarang.
[6] Subagiyo, T, 2010. “Aplikasi Kelayakan Pemberian Kredit untuk Calon Nasabah
[7] Menggunakan Metode TOPSIS”. Fakultas Teknologi Informasi. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”, Jawa Timur.
[8] Napita, D 2014. “Sistem Pendukung Keputusan Kelayakan Pemberian Kredit di Pt. BPR Delanggu Raya”.Amikom Yogyakarta. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer, Yogyakarta.
[9] Muhammad, B, 2013. “Penerapan Metode Sistem Pendukung Keputusan (SAW)”. Jakarta.
[10] Kurniawan, D. E. (2015). Handout Kuliah Sistem Informasi, Perpustakaan Politeknik Negeri Batam
Published
2018-12-09
How to Cite
[1]
A. Wibowo and K. Kunendra, “Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kelayakan Kredit Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)”, JAIC, vol. 1, no. 1, pp. 22-25, Dec. 2018.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)