Sistem Informasi Manajemen Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Madani (LP2M) dengan Metode Extreme Programming
Abstract
Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Madani (LP2M) merupakan suatu lembaga yang bergerak di bidang Pendidikan Non Formal. LP2M telah banyak melaksanakan kegiatan-kegiatan baik diklat-diklat singkat, bimtek, seminar dan lokakarya di bidang kedinasan dan kegiatan-kegiatan lainnya. Dalam pengelolaan berbagai kegiatan tersebut, saat ini dilakukan secara konvensional (manual) sedangkan dalam pengolahan data dilakukan dengan menggunakan Program Ms.Excel. Salah satu contoh yaitu dalam mencatat data-data pendaftaran maupun peserta pelatihan. Padahal kompleksitas data, integrasi, prosedur atau proses bisnis, dan pengendalian organisasi diperlukan adanya sistem informasi. Penelitian ini betujuan untuk merancang dan membangun sebuah sistem informasi online berupa website dengan menggunakan Metode Extreme Programming. Dengan metode tersebut maka perancangan akan lebih sederhana dan waktu akan lebih singkat. Hasil penelitian membahas terkait efektifitas dan efesiensi dari hasil perancangan sistem informasi manajemen LP2M.
Downloads
References
D. E. Kurniawan, A. Saputra, P. Prasetyawan, and others, ‘Perancangan Sistem Terintegrasi pada Aplikasi Siklus Akuntansi dengan Evaluasi Technology Acceptance Model (TAM)’, J. RESTI (Rekayasa Sist. dan Teknol. Informasi), vol. 2, no. 1, pp. 315–321, 2018.
Y. B and R. R. Nurdin, “Yusran B., 2) Ririn Rahmadani Nurdin,” J. Teknosains, vol. 10, no. 2, pp. 149–164, 2016.
H. M. Susanto, W. Mantja, I. Bafadal, and A. Sonhadji, “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian ( SIMPEG ) Pada Badan Kepegawaian Pendahuluan Landasan Teori Analisis,” J. Pendidik. Hum., vol. 3, no. 2, pp. 93–105, 2015.
R. A. Azdy and A. Rini, “Penerapan Extreme Programming Dalam Membangun Aplikasi Pengaduan Layanan Pelanggan ( Palapa ) Pada Perguruan Tinggi,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 2, pp. 197–206, 2018.
A. Fatoni and D. Dwi, “Rancang Bangun Sistem Extreme Programming Sebagai Metodologi Pengembangan Sistem,” Prosisko, vol. 3, no. 1, pp. 1–4, 2016.
O. Sohaib and K. Khan, “Integrating Usability Engineering and Agile Software Development,” Int. Conf. Comput. Des. Appliations, vol. 2, no. Iccda, pp. 32–38, 2010.
I. Ghani, N. Izzaty, and A. Firdaus, “Role-Based Extreme Programming (Xp) for Secure Software Development,” Malaysia Sci.Int.(Lahore), vol. 25, no. 4, pp. 1071–74, 2013.
R. Fojtik, “Extreme programming in development of specific software,” Procedia Comput. Sci., vol. 3, pp. 1464–1468, 2011.
L. Lei and P. Wen-li, “Research on Design Information Management System for Leather Goods,” Int. Conf. Appl. Phys. Ind. Eng., vol. 24, pp. 2151–2158, 2012.
Dhining, Y. Rokhayati, D. E. Kurniawan, and others, ‘Penerapan Replikasi Data pada Aplikasi Ticketing Menggunakan Slony PostgreSQL’, J. Appl. Informatics Comput., vol. 1, no. 2, pp. 9–18, 2017.
A. Prasetyo, “Strategi Perencanaan Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi Di Lingkungan Perguruan Tinggi”, J. Appl. Informatics Comput., vol. 2, no. 2, pp. 24-28, Dec. 2018.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) ) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).