Sistem Pendataan Barang Milik Negara dengan Secured QR Code dan REST API

  • Maidel Fani Politeknik Negeri Batam
  • Nelmiawati Nelmiawati Politeknik Negeri Batam
  • Ahmad Hamim Thohari Politeknik Negeri Batam
Keywords: Barang Milik Negara, Secure QR Code, REST API

Abstract

Barang Milik Negara (BMN) adalah semua barang yang dibeli atau diperoleh atas beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) atau berasal dari perolehan lainnya yang sah. Politeknik Negeri Batam sebagai institusi pemerintah, wajib mengelola, memanfaatkan dan merawat BMN dengan baik agar didapat manfaat yang maksimal dari barang tersebut. Pemanfaatan teknologi mutlak diperlukan dalam rangka meningkatkan tata kelola dalam mengelola barang milik negara. Saat ini pengelolaan barang milik negara dilakukan dengan memberikan label yang berisi nomor pada setiap barang. Kendala yang muncul antara lain dalam proses pendataan, pelacakan dan pengelolaan barang milik negara, karena label tersebut dapat rusak, pudar dan terlepas. Penelitian ini mengusulkan aplikasi mobile dengan QR Code scanner untuk mengakses dan memeriksa data BMN dengan tepat. Aplikasi dilengkapi dengan secure QR Code generator dan REST API sebagai penyedia data BMN.

Downloads

Download data is not yet available.

References

R. Mamin, S. Saenab and N. H. Muhiddin, "Inventarisasi Alat dan Bahan Laboratorium IPA dengan FItur Quick Reponse Code (QR Code)," Jurnal IPA Terpadu, pp. 94-105, 2017.

A. P. Atmaja and F. Susanto, "Optimasi Aplikasi SIMAK-BMN untuk Inventarisasi Barang Milik Negara Berbasis Aplikasi Mobile Android," Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 6, pp. 201-210, 2019.

M. Pramihapsari and M. P. Kaldera, "Perancangan Labelling pada Dokumen Menggunakan QR Code," Jurnal Teknik Komputer, vol. 20, pp. 59 - 67, 2012.

M. A. Rahman, I. Kuswardayan and R. R. Hariadi, "Perancangan dan Implementasi RESTful Web Service untuk Game Sosial Food Merchant Saga pada Perangkat Android," Jurnal Teknik Pomits, vol. 2, pp. 2301-9271, 2013.

"QRcode," Denso Wave Incorporated, 2019. [Online]. Available: https://www.qrcode.com/en/index.html.

R. Munir, Kriptografi, Bandung: Penerbit Informatika, 2019.

RI, Peraturan Pemerinta No.27, 2014.

A. Rulloh, D. Mahmudah and H. Kabetta, "Implementasi REST API pada Aplikasi Panduan Kepaskibraan Berbasis Android," Teknikom, vol. 1, 2017.

T. Talk, "System Development Life Cycle (SDLC) Approaches," Tech-Talk, 2015. [Online]. Available: https://tech-talk.org/2015/01/21/system-development-life-cycle-sdlc-approaches/.

K. Yusuf, "Penerapan Algoritma MD5 sebagai Pengaman Akun pada Aplikasi Web Emusrenbang Kota Binjai", Jurnal Tekni Informatika Kaputama, vol 4, 2020

D. E. Kurniawan, I. Muslim, M. Raihan, A. P. Putra, and P. A. Yusuf, Mobile Programming: Praktik Membuat Aplikasi Berbasis QR Code dan NFC. Media Sains Indonesia, 2020.

Rusdianto, A.Qhoslim "Implementasi Algoritma MD5 untuk Keamanan Dokumen", Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, vol 2, 2016.

Published
2021-06-29
How to Cite
[1]
M. Fani, N. Nelmiawati, and A. Thohari, “Sistem Pendataan Barang Milik Negara dengan Secured QR Code dan REST API”, JAIC, vol. 5, no. 1, pp. 43-48, Jun. 2021.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)