Sistem Kontrol Pemberian Nutrisi pada Budi Daya Tanaman Aeroponik Berbasis Fuzzy Logic

  • Arif Safrimawan polibatam
Keywords: Aeroponik, kangkung, sensor DHT22, Fuzzy logic, pompa, data logger

Abstract

Metode aeroponik merupakan salah satu cara budi daya tanaman tanpa menggunakan tanah. Aeroponik umumnya digunakan untuk budi daya tanaman jenis sayuran seperti kangkung. Pada metode ini, akar tanaman ditempatkan dalam posisi menggantung. Nutrisi diberikan dalam bentuk ke bagian akar tanaman dengan teknik pengkabutan dengan menggunakan sprayer yang terhubung dengan pompa. Biasanya, pemberian nutrisi diberikan dalam rentang waktu tertentu (timer). Namun dalam sistem ini pemberian nutrisi tidak terlalu efektif. Oleh karena itu, dibuat sistem yang dapat mengontrol pemberian nutrisi sesuai kebutuhan tanaman. Pada sistem ini, yang menjadi parameter yaitu kelembapan dan suhu. Nilai kelembapan dan suhu dari sensor DHT22 akan menjadi input untuk Fuzzy logic, kemudian akan diproses oleh mikrokontroler untuk menghasilkan keluaran sesuai dengan input yang diterima. Nilai output dari mikrokontroler berupa waktu penyalaan akan mengaktifkan pompa yang akan menyuplai larutan nutrisi ke bagian akar. Sistem ini juga dilengkapi dengan data logger, sehingga data dari mikrokontroler dapat disimpan. Alat mampu bekerja menyuplai larutan nutrisi untuk tanaman kangkung dengan set point suhu 33°C sedangkan error suhu yaitu 3,32%-5,28%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Lakkireddy K. K. R., Kasturi K., Sambasiva Rao K.R.S., “Role of Hydroponics and Aeroponics in Soilless Culture in Commercial Food Production”, Journal of Agricultural Science & Technology, Vol. 1, Issue. 1, pp. 26-35, April 2012.

Nugaliyadde MM, De Silva HDM, Perera, R, Ariyaratna D, Sangakkara UR, “An aeroponic system for the production of pre-basic seed potato”, Ann. Sri Lanka Department Agric. Vol. 7, pp. 199-288, 2005.

Imma Farran, Angel M. Mingo-Castel, “Potato Minituber Production Using Aeroponics: Effect of Plant Density and Harvesting Intervals”, American Journal of Potato Research, Vol. 83 No.1, pp. 47-53, Januari 2006.

Liferdi L, Cahyo Saparinto. “Vertikultur Tanaman Sayur”, Jakarta, Penebar Swadaya, 2016.

Wijayani A., D. Muljanto, Soenoeadji, “Pemberian nitrogen pada berbagai macam media tumbuh hidroponik: pengaruhnya terhadap kuantitas dan kualitas buah paprika (Capsicum annuum var. Grossum)”. Jurnal Ilmu Pertanian, Vol. 6 No. 2, pp. 8-13, 1998.

Fadhil, Muhammad., Bambang Dwi Argo, Yusuf Hendrawan, “Rancang Bangun Prototype sistem timer RTC DS1307 Berbasis Mikrokontroler Atmega16 pada Tanaman Aeroponik”, Jurnal Keteknikan Pertanian Tropis dan Biosistem, Vol. 3 No. 1, pp. 37-43, Februari 2015.

Sudrajat, “Dasar-dasar Fuzzy Logic”, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Padjadjaran, Bandung, 2008.

Fachri, Muhammad Rizal., “Rancangan dan Analisis Data Logger Multichannel Untuk Menentukan Performansi Panel Surya”, Tesis, Program Studi Magister Teknik Elektro, Program Pascasarjana, Universitas Syiah Kuala Darussalam, Banda Aceh, 2015.

Published
2019-06-30
How to Cite
Safrimawan, A. (2019). Sistem Kontrol Pemberian Nutrisi pada Budi Daya Tanaman Aeroponik Berbasis Fuzzy Logic. Journal of Applied Electrical Engineering, 3(1), 19-23. https://doi.org/10.30871/jaee.v3i1.1397
Section
Manuscripts