Lampu Cerdas Multimode Menggunakan Arduino dengan Kontrol Fuzzy Berbasis Android

  • Siti Febriyanti Riski Rullah Politeknik Negeri Batam
  • Nanta Fakih Prebianto Politeknik Negeri Batam
Keywords: Android, fuzzy Mamdani, NodeMCU, Blynk

Abstract

Umumnya pengaturan sebuah intensitas cahaya pada lampu di dalam suatu ruangan dilakukan hanya berdasarkan pada kondisi gelap dan terang yang dilakukan secara manual dan tanpa mempertimbangkan kontribusi cahaya dari luar. Oleh karena itu, diperlukan sebuah alat yang bekerja secara otomatis pada pengontrolan intensitas cahaya lampu untuk meningkatkan efisiensi pemakaian energi listrik. Prinsip kendali yang digunakan pada penelitian ini adalah kendali logika fuzzy dengan sistem inferensi metode Mamdani. Keluarannya diperoleh berdasarkan titik berat dari kurva hasil proses pengambilan keputusan sebagai hasil nilai dari output logika fuzzy. Modul WiFi NodeMCU digunakan sebagai media penghubung kendali yang dikoneksikan ke Android melalui aplikasi Blynk. Dengan pengujian menggunakan metode fuzzy singleton, diperoleh membership function dan membership keluarannya. Agar sesuai dengan intensitas ruangan, maka Set point yg diberikan ialah 40 pada mode tidur, 180 pada mode makan, dan 250 pada mode kerja. Pada mode tidur, diperoleh waktu delay 1,5 detik dan nilai Pulse Width Modulation (PWM) 18 pada kondisi stabil. Pada mode makan, diperoleh waktu delay 3 detik dan nilai PWM 83 pada kondisi stabil. Pada mode kerja, diperoleh waktu delay 3,6 detik dan nilai PWM 116 pada kondisi stabil.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] F. T. Nirwana and F. Arifin, “Alat Kendali Penerangan Ruangan dengan Logika Fuzzy Berbasis ATmega16,” E-JPTE (Jurnal Elektron. Pendidik. Tek. Elektron., vol. 5, no. 1, pp. 25–31, Mar. 2016.
[2] N. Purwaningrum, “Aplikasi Fuzzy Logic untuk Pengendalian Penerangan Ruangan Berbasis Mikrokontroler ATMega8535,” Universitas Negeri Semarang, 2007.
[3] L. A. Putra and A. R. Hakim, “Sistem Kendali Lampu Cerdas Pada Smarthome Berbasis Android mengunakan Metode Fuzzy Logic Control,” CSRID (Computer Sci. Res. Its Dev. Journal), 2018.
[4] “Aplikasi Fuzzy Logic untuk Pengendali Motor DC Berbasis Mikrokontroler ATMega8535 dengan Sensor Photodioda,” J. Tek. Elektro, 2015.
[5] ROHM, Digital 16bit Serial Output Type Ambient Light Sensor IC: BH1750FVI. ROHM Semiconductor, 2011.
Published
2020-06-30
How to Cite
Riski Rullah, S., & Prebianto, N. (2020). Lampu Cerdas Multimode Menggunakan Arduino dengan Kontrol Fuzzy Berbasis Android. Journal of Applied Electrical Engineering, 4(1), 10-15. https://doi.org/10.30871/jaee.v4i1.2093
Section
Manuscripts