Sistem Pemantauan dan Pengendali Pendingin Ruangan Cerdas Berbasis Cloud dengan Raspberry PI

  • Rahmi Khalidah student
  • Nanta Fakih Prebianto Politeknik Negeri Batam
Keywords: Internet of Things, sensor suhu, sensor infrared, aplikasi smartphone

Abstract

Saat ini telah banyak dikembangkan sistem monitoring  dan controlling pendingin ruangan berbasis Internet of Things (IoT). IoT dalam hal ini digunakan untuk mentranformasikan data suhu ruangan melalui internet sehingga data suhu yang ditampilkan merupakan data terbaru yang bersifat real time. Sistem yang dibuat dalam penelitian ini menggunakan sensor DHT22 sebagai sensor suhu dan kelembapan, dan sensor Infrared (IR) sebagai pengirim sinyal IR ke pendingin ruangan. Hasil akhir berupa monitoring  suhu dan kelembapan ruangan serta controlling suhu pendingin ruangan ditampilkan pada aplikasi smartphone dan dapat dikendalikan. Monitoring dan controlling dapat dilakukan jarak jauh melalui smartphone.

Downloads

Download data is not yet available.

References

M. P. T. Sulistyanto, D. A. Nugraha, N. Sari, N. Karima, and W. Asrori, “Implementasi IoT (IoTs) dalam pembelajaran di Universitas Kanjuruhan Malang,” SMARTICS J., vol. 1, no. 1, pp. 20–23, Nov. 2015.

D. Prihatmoko, “Penerapan IoTs (IoT) Dalam Pembelajaran di Unisnu Jepara,” Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 7, no. 2, p. 567, Nov. 2016.

S. Mulyono, M. Qomaruddin, and M. S. Anwar, “Penggunaan Node-RED pada Sistem Monitoring dan Kontrol Green House berbasis Protokol MQTT,” TRANSISTOR Elektro dan Inform., vol. 3, no. 1, pp. 31–44, May 2018.

Published
2020-06-30
How to Cite
Khalidah, R., & Prebianto, N. (2020). Sistem Pemantauan dan Pengendali Pendingin Ruangan Cerdas Berbasis Cloud dengan Raspberry PI. Journal of Applied Electrical Engineering, 4(1), 16-19. https://doi.org/10.30871/jaee.v4i1.2121
Section
Manuscripts