ANALISA PENGARUH HAMBATAN KAPAL DENGAN PENAMBAHAN VARIASI PELETAKAN HYDROFOIL PADA LAMBUNG KAPAL PATROLI DENGAN MENGGUNAKAN METODE CFD
DOI:
https://doi.org/10.30871/jatra.v7i1.9466Kata Kunci:
Kapal Patroli, Hydrofoil, Hambatan, Watted Suface Area, CFDAbstrak
Kapal patroli memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga keamanan maritim, menegakkan hukum, dan mengawasi perairan nasional. Dalam mendukung tugasnya, lambung kapal patroli dituntut memiliki peforma tinggi, khusunya pada aspek kecepatan, effisiensi hambatan dan watted surface area. Penilitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penambahan serta variasi peletakan hydrofoil terhadap hambatan total dan watted surface area pada lambung kapal patroli. Tiga variasi peletakan hydrofoil diuji, yaitu peletakan bagian haluan, buritan dan kombinasi keduanya dengan titik acuan pada center of waterline. Computational Fluid Dynamics digunakan untuk mengalisa hambatan total dengan variasi kecepatan 20, 24 dan 28 knot. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan peletakan variasi hydrofoil belum mampu menurunkan nilai hambatan total secara signifikan dibandingkan model lambung kapal patroli tanpa penambahan hydrofoil. Pada variasi peletakan hydrofoil pada haluan kapal menunjukkan bahwa peforma terbaik dengan penurunan nilai watted surface area sebesar 17.41% pada kecepatan 24 dan 23.41% pada kecepatan 28 knot.
Unduhan
Referensi
[1] A. S. Slamet and K. Suastika, “Kajian Eksperimental Pengaruh Posisi Perletakan Hydrofoil Pendukung Terhadap Hambatan Kapal,” J. Tek. ITS, vol. 1, no. 1, pp. 1–4, 2012.
[2] A. Suryadi and I. S. Arief, “Analisa Sudut Serang Hidrofoil Terhadap Gaya Angkat Kapal Trimaran Hidrofoil Menggunakan Metode Computational Fluid Dynamics ( CFD ),” Jur. Tek. Sist. Perkapalan, vol. 5, no. 2, 2016.
[3] R. Y. Dikantoro and I. K. Suastika, “Analisis Hambatan Penggunaan Hydrofoil pada Katamaran Menggunakan CFD,” J. Tek. ITS, vol.
7, no. 1, 2018, doi: 10.12962/j23373539.v7i1.28865.
[4] M. R. D. A. Kusuma, D. Chrismianto, and S. Jokosiworo, “Pengaruh Posisi Foil Terhadap Gaya Angkat Dan Hambatan Kapal Katamaran,” Kapal, vol. 14, no. 2, p. 58, 2017, doi: 10.14710/kpl.v14i2.16487.
[5] M. A. Miftah, D. Chrismianto, and U. Budiarto, “Analisa Leading Edge Protuberances pada Fully Submerged Hydrofoil Terhadap Gaya Angkat dan Hambatan Kapal KH-017 Menggunakan Metode CFD,” J. Tek. Perkapalan, vol. 8, no. 4, pp. 471–480, 2020.
[6] A. P. Antika, I. P. Muliyatno, and A. W. B. Santosa, “Analisa Gaya Angkat dan Hambatan pada Dihedral Surface Piercing Hydrofoil Katamaran Menggunakan Metode CFD (Computational Fluid Dynamic),” Tek. Perkapalan, vol. 7, no. 2, pp. 152–160, 2019, [Online]. Available: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval/arti cle/view/26745
[7] D. C. Arjuno Putra Pudji Nurhendra, Berlian Arswendo Adietya, “Jurnal teknik perkapalan,” Tek. Perkapalan, vol. 7, no. 2, pp. 152–160, 2019, [Online]. Available:https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval/arti cle/view/26745
[8] D. G. M. Watson, PRACTICAL SHIP DESIGN, vol. 1, no. C. 1998. doi: 10.1016/S1571- 9952(98)80003-2.
[9] Fernando, “Riau Dapat Bantuan Kapal Patroli Baru dari KKP, Fauzan: Perkuat Pengawasan Perbatasan dan Cegah Pencurian Ikan,” 2023, Fernanto.
[10] N. S. Ghalib, M. Santoso, and A. Wahidin, “Parametric Studi Desain Kapal Patroli Fiber Reinforced Plastic untuk Perawatan Lampu Approach Bandara di Kepulauan Natuna,” no. 2655, pp. 4–9, 2019.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



11.jpg)







