Analisa Tegangan Pipa Pada Sistem Ballast Kapal Tugboat 24 Meter Menggunakan AutoPIPE

Penulis

  • Hendra Saputra Program Studi Teknik Perencanaan dan Konstruksi Kapal, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Batam https://orcid.org/0000-0002-3916-4016
  • Nurzain Miftakhul Jannah Program Studi Teknik Perencanaan dan Konstruksi Kapal, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Batam

DOI:

https://doi.org/10.30871/jatra.v3i1.3107

Kata Kunci:

Sistem Ballast, tegangan pipa, AutoPIPE, ASMEB31.3

Abstrak

Sistem ballast pada kapal, khususnya kapal tugboat berfungsi untuk membantu stabilitas kapal sehingga kapal dapat berlayar dalam keadaan yang aman. Pada perencanaan sistem ballast, perlu dilakukan analisa tegangan pipa untuk mengetahui apakah pipa yang digunakan aman dan dapat mendukung fungsi sistem sebagaimana mestinya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui besaran nilai tegangan sustained dan tegangan hoop yang terjadi pada sistem pipa ballast kapal tugboat 24 meter. Pemodelan sistem pipa dan analisa tegangan pipa menggunakan software AutoPIPE dan mengacu pada standar ASME B31.3 (process piping) sebagai code standard. Pada proses pemodelan, keseluruhan jalur pipa ballast dibagi menjadi 2 (dua) jalur yaitu Jalur 1 (jalur dari seachest hingga ke water ballast tank) dan Jalur 2 (jalur dari water ballast tank hingga ke overboard). Temperature yang digunakan dalam analisa adalah sebesar 30°C atau pada suhu air laut normal, sedangkan tekanan kerja sitem ballast yang digunakan adalah sebesar 72,52 Psi pada masing-masing jalur pipa. Berdasarkan hasil analisa yang dilakukan, diketahui besar nilai sustained stress dan hoop strees yang terjadi pada Jalur 1 masing sebesar 8.466 Psi dan 3.732 Psi dan pada Jalur 2 masing-masing sebesar 7.020 Psi dan 1.328 Psi. Berdasarkan analisa tegangan pipa pada kedua jalur tersebut, diketahui bahwa hasil tegangan yang terjadi pada pipa masih berada di bawah tegangan izin material, di mana nilai tegangan izin material yang digunakan adalah sebesar 20.000 Psi. Secara keseluruhan, baik pada Jalur 1 maupun Jalur 2 memperlihatkan rancangan sistem perpipaan yang digunakan masih aman karena berada nilai tegangan berada di bawah tegangan izin material.

Unduhan

Referensi

Y.-S. Wu, W.-C. Cui, and G.-J. Zhou, Practical Design of Ships and Other Floating Structures. Oxford: Elsevier, 2001.

ASME, ASME Code for Pressure Piping B31.3: Process Piping, vol. 76, no. 8. 2019.

Donny S. Agustinus, Pengantar Piping Stress Analysis. London, United Kingdom: Entry Agustino Publisher, 2009.

P. Mahardhika, E. Julianto, A. Indartono, and G. E. Kusuma, "Analisa Pengaruh Kenaikan Tekanan Fluida Terhadap Tegangan Dan Fleksibilitas Pipa Blowdown A106 Grade A Berdasarkan ASME B31.3," TEKNIK, vol. 39, no. 1, p. 67, Aug. 2018.

K. Rizki Hidayatullah, Imam Pujo Mulyatno, "Analisa Tegangan Sistem Perpipaan Ballast Landing Craft Tank 200 GT," J. Tek. Perkapalan, vol. 2, no. 4, 2014.

The American Society of Mechanical Engineers (ASME), ASME ASME B31.3-2008 (Revision of ASME B31.3-2006, Process Piping , ASME Code for Pressure Piping, B31. Three Park Avenue, New York, NY 10016-5990: The American Society of Mechanical Engineers, 2008.

"Perancangan Dan Analisa Sistem Perpipaan Process Plant Dengan Metode Elemen Hingga," J. Tek. Mesin, vol. 2, no. 4, pp. 337"“346, 2014.

Diterbitkan

2021-06-30

Cara Mengutip

Saputra, H., & Jannah, N. M. (2021). Analisa Tegangan Pipa Pada Sistem Ballast Kapal Tugboat 24 Meter Menggunakan AutoPIPE. Jurnal Teknologi Dan Riset Terapan (JATRA), 3(1), 7–13. https://doi.org/10.30871/jatra.v3i1.3107

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama