Analysis Of Forward Storage Platform In 50 Pax Crane Barge With An Finite Element Method

Penulis

  • Meida Perwira Antartika Program Studi Teknik Perencanaan dan Konstruksi Kapal, Politeknik Negeri Batam
  • Budianto Budianto Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  • Muhamad Ari Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30871/jatra.v2i1.1399

Kata Kunci:

Finite Element Methods, Barge, Grade-A

Abstrak

Dalam mendesain konstruksi kapal harus sesuai dengan rules atau klasifikasi yang sudah diakui di dunia perkapalan internasional, dalam mendesain storage platform yang didesain oleh PT. X untuk mitra kerja tersebut didesain berdasarkan referensi. karena aturan bentuk desain dan perhitungannya tidak ada di rules atau klasifikasi. Sedangkan untuk ketentuan mechanical properties material tetap ada dalam rules. Rules yang digunakan untuk pembuatan kapal 50 pax crane barge ini yaitu BV (Bureau Veritas) rules. Analisis dalam penelitian ini menggunakan software berbasis metode elemen hingga. Dengan software tersebut akan bisa terlihat kekuatan dan simulasi kostruksi forward storage platform yang akan menahan beban sebesar 6,4 ton (3,2 ton portside dan 3,2 ton startboard) dalam kondisi statis, dinamis, dan impact. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya kesalahan desain konstruksi forward storage platform yang bisa menyebabkan kecelakaan pada kapal. Material konstruksi forward storage platform menggunakan  BV grade A steel.

Unduhan

Referensi

Akin, J. E. 2009. Finite Element Analysis Concepts via SolidWorks. Texas : Rice University Houston.

American Wood Council. 2007. Beam Design Formulas with Sear and Moment Diagram. Washington DC : American Forest & Paper Accosiation.

Bernarthdus, I. 2015. "Stress, Strength, Safety". Tersedia : http://www. academia.edu.

Budi, B. (2012). "Macam dan Jenis Kapal dalam Asuransi Rangka Kapal". Tersedia : http://www. akademiasuransi.org.

Bureau Veritas, 2011. Rules for the Certification of Lifting Appliances onboard Ships and Offshore Units. France : Marine & Offshore Division 92571 Neuilly sur Seine Cedex.

Bureau Veritas, 2014. Rules on Materials and Welding for the Classification of Marine Units. France : Marine & Offshore Division 92571 Neuilly sur Seine Cedex.

Engineering Analysis and Design Menu Engineering Design Consulting Services. "Factor of Safety Review". URL : http://www.engineersedge.com.

Genc, M. 2001. The Impact of Immigration on International Trade:A Meta-Analysis. Bonn : Forschungsinstitut zur Zukunft der Arbeit Institute for the Study of Labor.

Iremonger, M. J. 1990. Dasar Analisis Tegangan. Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press), Jakarta.

Maljaars, J. 2002. Dynamic Increment Factor in Modular Expansion Joins of Bridges Under Heavy Traffic Loading. 7th International Symposium on Heavy Vehicle Weight & Dimensions. Delft, The Netherlands, June 16-20, 2002.

Mulyanto, I. 2011. Analisa Kekuatan Konstruksi Car Deck pada Kapal KM. Dharma Ferry 3 dengan Metode Elemen Hingga. Kapal. Vol. 8, no. 2, Juni 2011.

Popov, E.. 1996. Mechanics of materials. USA : Prentice Hall.

Sukamto, E. 2014. Forward Storage Platform, No. Drawing 13-012-S-A1-AWB-B-24, No. Project D271 50 Pax Crane Barge. PT. X, Batam.

Timoshenko, S. 1989. Dasar-dasar Perhitungan Kekuatan Bahan. Restu Jakarta : Restu Agung.

Timoshenko, S. 2000. Mekanika Bahan. Jakarta : Erlangga.

Sastranegara, A. 2009. "Mengenal Uji Tarik dan Sifat-sifat Mekanik Logam". Tersedia : http://www.infometrik. com.

Singer, F. "Strength of Materials 4th Editon". Tersedia : http://www.comsizo.com.

Diterbitkan

2020-06-30

Cara Mengutip

Antartika, M. P., Budianto, B., & Ari, M. (2020). Analysis Of Forward Storage Platform In 50 Pax Crane Barge With An Finite Element Method. Jurnal Teknologi Dan Riset Terapan (JATRA), 2(1), 6–9. https://doi.org/10.30871/jatra.v2i1.1399