Stress dan Displacement Pada Spreader Beam Akibat Variasi Pembebanan

  • Mukhlis Ramadhani Program Studi Teknik Mesin, Politeknik Negeri Batam
  • Ihsan Saputra Teknik mesin polibatam
  • Budi Baharudin Program Studi Teknik Mesin, Politeknik Negeri Batam
Keywords: design, spreader beam, stress, displacement

Abstract

Dalam proses pengangkatan produk benda yang berukuran tinggi dan memiliki berat benda yang sangat besar, diperlukan alat bantu yang bisa mengatasi pengangkatan. Spreader beam adalah alat bantu yang berfungsi sebagai pembantu pengangkatan beban dan memberikan keseimbangan. Hal ini perlu diperhatikan pada spreader beam, agar beban yang diangkat tidak melebihi kapasitas maksimum kekuatan materialnya. Oleh karena itu diperlukan kekuatan struktur dari desain spreader bar yang akan dipergunakan untuk lifting maupun crane. Desain produk memberikan gambaran proses benda dan bentuk ukuran yang berfungsi sebagai informasi saat penggambaran desain. Dengan memiliki perangkat pengerjaan sudah lebih modern pada produktivitas yang menggunakan mesin hingga kegiatan yang berbasis software. Pembuatan desain modelling menggunakan software SolidWorks. Pemodelan SolidWorks pada pengujian serta pemberian beban dengan variasi yang berbeda mengungkapkan bahwa spreader beam mencapai titik maksimum pada berat beban variasi 60 ton dengan mengalami tegangan (stress) maksimal 1,903 + 08 dan perpindahan (displacement) maksimal 0,77 mm; serta faktor keamanan (factor of safety) maksimal dengan nilai 1,2. Terlihat juga variasi pembebanan 60 Ton terdapat area yang mengalami displacement yang dapat menimbulkan kegetasan pada suatu saat pengangkatan. Hal tersebut bisa diatasi dengan menambahkan 4 plate support tambahan sebagai patokan untuk menahan titik tumpuan. Dengan adanya tambahan 4 Plate support tentu tidak mempengaruhi nilai dari kekuatan maksimum (yield strength) berkurang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, Muhsin (2019). Studi Kekuatan Struktur dan Kekuatan Puncak Struktur Spreader Bar. Politeknik Negeri Batam.

R.K. Garg. Spreader Beams and Lifting Beams- A Competitive Analysis. https: //loadmate.in /blog/ spreader-beams-vs-lifting-beams-a-competitive-analysis/ (Diakses 21 Mei 2021)

Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja Pesawat Angkat dan Pesawat Angkut Nomor 8 Tahun 2020. Indonesia.

Sholihah, Nur Aini (2020). Perancangan dan Analisis Kekuatan Lifitng Beam Bock Erection Kapal Cepat Rudal 60 Meter. Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

Designing of a Spreader Beam. https: //www.uesuae.com/post/designing-of-a-spreader beam (Diakses 23 Januari 2021)

Published
2022-12-31
How to Cite
Ramadhani, M., Saputra, I., & Baharudin, B. (2022). Stress dan Displacement Pada Spreader Beam Akibat Variasi Pembebanan. Jurnal Teknologi Dan Riset Terapan (JATRA), 4(2), 74-81. https://doi.org/10.30871/jatra.v4i2.4875