Analisis Ketertarikan Gen Z di Indonesia Terhadap Investasi di Pasar Modal

Penulis

  • Putri Wulansari Universitas Terbuka
  • Agung Joni Saputra Universitas Universal
  • Muhammad Ikhlash Politeknik Negeri Batam

DOI:

https://doi.org/10.30871/jama.v8i1.7314

Kata Kunci:

gen z, investasi, pasar modal

Abstrak

Pada saat ini banyak anak muda terutama Gen Z yang sangat mahir akan teknologi dan informasi, selain itu Gen Z juga kerap disebut generasi yang sulit mengelola keuangan karena minimnya pengetahuan tentang pengelolaan keuangan juga didukung dengan kebiasaan Gen Z yang memiliki gaya hidup dinamis dan terkesan mengikuti perkembangan zaman. maka tujuan peneliti disini guna mengetahui seberapa banyak Gen Z tau tentang Investasi dan juga mengetahui ketertarikan Gen Z terhadap Investasi di Pasar Modal. Pertumbuhan investasi di pasar modal kini terus meningkat dari beberapa tahun terakhir, sampai September 2023 ada 11,72 juta investor, yang ditopang oleh investor reksadana, Surat Berharga Negara (SBN) dan juga investor saham. Investor tersebut tersebar di berbagai daerah di wilayah Indonesia seperti Kalimantan, Sulawesi, Balinusa, Maluku dan Papua. Hal tersebut terjadi karena adanya Kerjasama antara Self-Regulatory Organization (SRO) pasar modal dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Peningkatan investasi juga di picu oleh kesadaran masyarakat atau generasi muda akan pentingnya menabung

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-29

Cara Mengutip

Wulansari, P., Saputra, A. J., & Ikhlash, M. (2024). Analisis Ketertarikan Gen Z di Indonesia Terhadap Investasi di Pasar Modal. JOURNAL OF APPLIED MANAGERIAL ACCOUNTING, 8(1), 109–115. https://doi.org/10.30871/jama.v8i1.7314