Rancang Bangun VoIP Server Menggunakan Trixbox CE

  • Aldio Muhammad Politeknik Negeri Batam
  • Andy Triwinarko Politeknik Negeri Batam
  • Agus Fatulloh Politeknik Negeri Batam
Keywords: VoIP, Trixbox, Smartphone

Abstract

Perkembangan teknologi internet sangat dirasakan sekarang ini dalam kehidupan sehari-hari baik semua kalangan masyarakat bahkan sudah menjadi kebutuhan primer untuk kalangan tertentu, seperti kalangan pendidikan, ekonomi, kesehatan, dan sebagainya. Teknologi sekarang untuk bertukar suara sudah banyak digunakan oleh masyarakat, salah satunya adalah telepon tradisional, yaitu berkomunikasi baik menggunakan telepon kabel ataupun telepon genggam semua orang dapat berkomunikasi di dalamnya. Namun jika kita menggunakan panggilan telepon tradisional, selain tarif yang mahal juga letak geografis yang menentukan besar kecilnya biaya yang harus dikeluarkan. Dengan adanya teknologi Voice Over Internet Protocol (VoIP) yang murah untuk berkomunikasi baik voice call maupun video call menggunakan internet yang berjalan melalui jaringan IP (Internet Protocol), ini membuat sebuah keuntungan sendiri bagi kalangan yang selalu membutuhkan alat komunikasi di lingkungan kerjanya, karena biaya lebih murah juga bersifat secara global, tidak mengacu terhadap jarak alamat yang dituju. Teknologi telepon ini mengubah suara menjadi kode digital melalui jaringan paket data, bukan sirkuit analog seperti telepon biasa. Implementasi VoIP Server menggunakan sistem operasi gratis Linux Trixbox CE yang mampu diakses client di OS Multi-Platform dan client berbasis Mobile Phone (Android).

Downloads

Download data is not yet available.

References

M. Taufiq, "Membuat SIP Extensions Pada Linux TrixBox untuk Server VoIP", 2008.

O.W. Purbo, and A. Raharja, "VoIP Cookbook Building Your Own Telecommunication Infrastructure", 2010.

T. Tharom, and O.W.Purbo,"Teknologi VoIP," Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2010.

W. Atmono, "Rancang Bangun Security pada Sistem VoIP OpenSource Trixbox," Tugas Akhir, Politeknik Negeri Semarang, 2008.

A. Nurkholis, A. Hendrawan. "Implementasi Server VoIP untuk Komunikasi di PT. Lintas Data Prima". Tugas Akhir. STIMIK Amikom Yogyakarta. 2011.

Mustaqim, F., Solikin, S. M., & Anang Sularsa, S. (2012). Implementasi VoIP Over VPN Menggunakan IPv4 (Studi Kasus Politeknik Telkom). Politeknik Telkom.

Thamrin, H., Susilo, H. T., & Kusban, M. (2013). Kualitas Layanan Sistem VOIP di Kabupaten Sragen Dibanding Sistem Alternatif dengan Server Trixbox.

D. Collins, "Carrier Grade Voice Over IP," United States, Mc Graw Hill, 2001.

M. Colliers, and D. Endler, "Hacking Exposed Unified Communication & VoIP Security Secrets & Solutions," United States, Mc Graw Hill, 2013.

Sany, R. S. (2009). Teknik Keamanan Voice over WLANs 802.11. Universitas Sumatra Utara.

Published
2017-07-30
How to Cite
[1]
A. Muhammad, A. Triwinarko, and A. Fatulloh, “Rancang Bangun VoIP Server Menggunakan Trixbox CE”, JAIC, vol. 1, no. 1, pp. 5-9, Jul. 2017.
Section
Articles