Penerapan Metode SUMI Pada Pengujian Usability Aplikasi E-Learning Berbasis Website
Abstract
Pandemi COVID19 telah mengubah gaya hidup semua orang. Untuk menekan penyebaran dilakukan lockdown atau ppkm yang berpengaruh terhadap aktivitas masyarakat, salah satu sektor yang terkena dampak adalah dunia Pendidikan. Aktivitas belajar mengajar dilakukan secara daring (online) dengan bantuan E-Learning. Salah satunya ada SMAIT Al-Fityan School Medan melakukan proses belajar mengajar menggunakan e-learning. Untuk mengetahui kualitas dari penggunaan perangkat lunak dapat menggunakan salah satu metode adalah SUMI, yang mengukur kualitas penggunaan perangkat lunak berdasarkan perasaan pengguna saat menggunakan perangkat lunak. Dari hasi pengujian didapatkan bahwa sangat efisien dan dapat membantu proses belajar mengajar antar guru dan siswa. Hal ini diperoleh dari nilai skala efficiency dan helpfulness.
Downloads
References
“Dampak Dari Covid-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Siswa.” https://retizen.republika.co.id/posts/10628/dampak-dari-covid-19-terhadap-kegiatan-pembelajaran-siswa (accessed Sep. 09, 2021).
D. S. M. Ibrahim and Y. Febriani, “Pengembangan E-Materi Berbasis Mata Kuliah Pada Pembelajaran Jarak Jauh (E-Learning),” J. DIDIKA Wahana Ilm. Pendidik. Dasar, vol. 4, no. 2, p. 1, 2018, doi: 10.29408/didika.v4i2.1170.
“Pengertian, Karakteristik dan Manfaat E-Learning. | Smk Bina Karya Utama.” http://www.smkbkujkt.sch.id/read/16/pengertian-karaktiristik-dan-manfaat-eLearning. (accessed Sep. 09, 2021).
D. D. Andayani, Fathahillah, and N. M. Abdal, “Penerapan E-Learning Sebagai Alternatif Pembelajaran,” Peluang Dan Tantangan Pengabdi. Kpd. Masy. Yang Inov. Di Era Kebiasaan Baru, pp. 228–236, 2020.
A. Lilis, S. I. Ulfah, and D. R. Endang, “The Effectiveness of Using E-Learning as Learning Media,” JKBM (Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen), vol. 7, no. November, pp. 72–81, 2020, doi: 10.31289/jkbm.v7i1.4333.
“Profil – Yayasan Alfityan.” https://alfityanmedan.sch.id/about-us/ (accessed Sep. 09, 2021).
A. Pratomo and R. Mantala, “Pengembangan Aplikasi Ujian Berbasis Komputer Beserta Analisis Uji Guna Sistem Perangkat Lunaknya Menggunakan Metode Sumi (Software Usability Measurement Inventory),” J. POSITIF, vol. 2, no. 1, pp. 1–11, 2016.
I. H. N. Aprilia, P. I. Santosa, and R. Ferdiana, “Pengujian Usability Website Menggunakan System Usability Scale Website Usability Testing using System Usability Scale,” J. IPTEK-KOM, vol. 17, no. 1, pp. 31–38, 2015, [Online]. Available: https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/iptekkom/article/view/428.
A. Sriwulandari, H. Hidayati, and B. Pudjoatmojo, “Analisis dan Evaluasi Aspek Usability Pada Web HRMIS Telkom University Menggunakan Usability Testing,” e-Proceeding Eng., vol. 1, no. 1, pp. 537–542, 2014.
J. Kirakowski and M. Corbett, “SUMI: the Software Usability Measurement Inventory,” Br. J. Educ. Technol., vol. 24, no. 3, p. 210, Sep. 1993, doi: 10.1111/j.1467-8535.1993.tb00076.x.
N. A. Banyal and U. Engineering, “Analisis Pengembangan Knowledge Sistem Pemilihan Bibit Kelapa Sawit Menggunakan Pendekatan Usability Engineeringpada Dinas Perkebunan Provinsi Papua,” vol. 11, no. 2, 2019, doi: https://doi.org/10.36706/jsi.v11i2.9387.
Copyright (c) 2021 Puja Hanifah, Machrija Wahyuni Siregar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) ) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).