E-Book Pelajaran IPA Berbasis Mobile (Studi Kasus: Pelajaran IPA Kelas 5 SD)
Abstract
Buku Sekolah Elektronik merupakan sebuah buku digital atau elektronik agar dapat membantu proses pembelajaran peserta didik dimanapun dan kapanpun berada. Pembuatan ebook ini didasarkan karena pandemi covid-19 yang menyebabkan pembelajaran dilakukan dari rumah. Proses pembuatan e-book menggunkan pendekatan Luther Sutopo dengan memanfaatkan beberapa tool antara lain: Framework React Native, HTML, PHP, Javascript Framework, AngularJS, dan Node.js. E-book yang dihasilkan, dianalisis menggunakan metode evaluasi goal-attainment untuk mengetahui tingkat pemahaman minat belajar siswa. Hasil penelitian adalah: (1) E-book berhasil dibuat dalam bentuk aplikasi mobile dengan memenuhi kategori e-book yaitu dilengkapi dengan fitur login untuk keamanan pengguna, materi pelajaran dalam bentuk video, pdf, gambar dan evaluasi dalam bentuk soal pilihan ganda; (2) Produk telah digunakan oleh responden (siswa) dan berdasarkan analisisi goal attainment, diperoleh nilai MOS sebesar 4.6 berarti pengguna aplikasi sangat puas menggunakan aplikasi sehingga layak dijadikan alternatif media pembelajaran siswa di rumah.
Downloads
References
M. Borkowski, T. Kraus and Ł. Haluch, Agustus 2021. [Online]. Available: https://brainly.co.id/.
Sutrisno, E. S. Murtiono and A. Tamrin, “Alternatif Model Penggunaan Buku Sekolah Elektronik (BSE) Berbasis Project Based Learning Sebagai Salah Satu Sumber Belajar di Sekolah Menengah Kejuruan,” Jiptek, pp. 117-124, 2013.
E. Suryani and I. S. A. Khoiriyah, “Pemanfaatan E-Book Sebagai Sumber Belajar Mandiri bagi Siswa SMK/SMK/MA,” International Journal of Community Service Learning, vol. 2, no. 3, pp. 177-184, Agustus 2018.
A. Suharyadi and C. S. A. Jabar, “Evaluasi progam BSE (Buku Sekolah Elektronik) di SMP Negeri Kota Yogyakarta,” Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, pp. 33-46, 2016.
P. C. Nurmanuel, “Penggunaan Buku Sekolah Elektronik (BSE) Sebagai Sumber Belajar dalam Proses Pembelajaran IPS Sejarah di SMP Negeri 1 Batang,” Indonesian Journal of History Education, pp. 11-17, 2013.
A. Abdilah, E. Mardiyani and I. Nawawi, “Aplikasi Komputer dan Smartphone Berbasis Android untuk Menangani Reservasi Hotel pada Citi Smart Hotel - BSD,” Jurnal Teknik Komputer, vol. IV, no. 2, pp. 64-70, Agustus 2018.
Z. D. Martha, E. P. Adi and Y. Soepriyanto, “Ebook Berbasis mobile learning,” Jurnal Kajian Teknologi Indonesia, vol. 1, no. 2, pp. 109-114, Juni 2018.
D. E. Kurniawan, A. Dzikri, H. Widyastuti, E. Sembiring and R. Tiurma Manurung, “Smart mathematics: a Kindergarten student learning media based on the drill and practice model,” Journal of Physics: Conference Series, vol. 1175, no. 1, p. 012037, 2019.
E. B. Sembiring and P. Lim, “Edukasi Adaptasi Kebiasaan Baru Di Lingkungan Kampus (Studi Kasus: Motion Graphic Penggunaan Lift),” Journal of Digital Education, Communication, and Arts, vol. 3, no. 2, pp. 61-76, September 2020.
D. Karitas and Fransiska, Panas dan Perpindahaannya : Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud, 2017.
D. Ranoputri, Februari 2020. [Online]. Available: https://youtu.be/HCNyRAnB09Q.
W. Zaini, September 2021. [Online]. Available: https://www.figma.com/file/e4Sp21mrLInQrL01ynFGKH/Ngilmu-Wahid?node-id=0%3A1.
A. Badrujaman, Teori dan Aplikasi Evaluasi Program Bimbingan Konseling, Jakarta: Indeks, 2010.
D. R. Rahadi, “Pengukuran Usability Sistem Menggunakan Use Questionnaire Pada Aplikasi Android,” Jurnal Sistem Informasi(JSI), pp. 661-671, 2014.
G. A. Puspita and I. , “Pergeseran Budaya Baca dan Perkembangan Industri Penerbitan Buku di Indonesia: Studi Kasus Pembaca E-Book Melalui Aplikasi iPusnas,” BIBLIOTIKA , pp. 13-20, 2018.
Elmansyah, “Pengembangan dan Analisa Sistem Kelas Pengajaran Bring Your Own Device (BYOD) Berbasis Cloud Computing Menggunakan Teknologi Smartphone,” PS Fakultas Teknik UI, Jakarta, 2013.
P. A. Technology Ltd, September 2021. [Online]. Available: http://www.pal-acoustics.com/index.php?a=services&id=143〈=en.
S. W. Siregar, “Model dan Rancangan Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling,” HIKMAH, pp. 271-290, 2017.
J. L. Fitzpatrick, J. R. Sanders and B. R. Worthen, Program Evaluation Alternative Approaches and Practical Guidelines, London: Pearson Education, 2010.
A. Lamberti, September 2021. [Online]. Available: https://obkio.com/blog/measuring-voip-quality-with-mos-score-mean-opinion-score/.
Copyright (c) 2022 Evaliata Br Sembiring, Wachid Zaini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) ) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).