Penerapan Algoritma Support Vector Machine (SVM) untuk Klasifikasi Berita Hoax Covid-19

  • Isnin Apriyatin Ropikoh Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rijal Abdulhakim Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ultach Enri Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nina Sulistiyowati Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: Covid-19, hoax, KDD, klasifikasi, SVM

Abstract

Hoax merupakan informasi yang dibuat oleh orang tidak bertanggung jawab dengan tujuan membuat orang lain mempercayai sesuatu yang tidak benar. Berita hoax yang paling mudah beredar adalah hoax tentang kesehatan. Di Indonesia sendiri semenjak diberitakan masuknya virus Covid-19, berita hoax tentang hal itu terus meningkat berdasarkan data yang dirilis oleh Kominfo periode Januari-Agustus 2020. Agar terhindar dari berita hoax ialah dengan lebih teliti membaca judul berita pada situs yang terpercaya seperti Kompas. Karena itu penelitian ini akan mengembangkan dan menganalisis model klasifikasi berita hoax Covid-19 dengan menerapkan algoritma Support Vector Machine (SVM) dengan metodologi Knowledge Discovery in Databases (KDD). Studi kasus penelitian ini dibagi dalam 2 kategori yaitu berita hoax yang didapat dari situs Trunbackhoax & Hoax buster sedangkan berita bukan hoax diambil dari situs berita Kompas. Hasil penelitian menyatakan bahwa Algoritma Support Vector Machine (SVM) dengan kernel linear memiliki hasil prediksi yang bagus pada skenario 3 (80:20) karena model sanggup dalam mengklasifikasikan berita hoax dan bukan hoax Covid-19. Akurasi yang didapat pada skenario 3  juga memiliki nilai akurasi tertinggi sebesar 97,06%. Sedangkan pada kernel RBF memiliki akurasi terendah pada skenario 4 (90:10) yaitu 90.46% dan model kurang bagus dalam mengklasifikasikan berita hoax maupun bukan hoax Covid-19.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, “Arti Kata Hoax,” Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2021. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/hoaks.

Oxford University, “Oxford Learners Dictionaries,” Oxford University Press, 2021. https://www.oxfordlearnersdictionaries.com/definition/english/hoax_1?q=hoax.

MASTEL, “Hasil Survey Wabah Hoax Nasional 2019,” MASTEL, 2019. https://mastel.id/hasil-survey-wabah-hoax-nasional-2019/ (accessed Jan. 24, 2021).

Simon Kemp, “DIGITAL 2019: INDONESIA,” Data Reportal, 2019. https://datareportal.com/reports/digital-2019-indonesia.

Simon Kemp, “Digital 2020: Indonesia,” Data Reportal, 2020. https://datareportal.com/reports/digital-2019-indonesia.

A. F. I. Tachta Citra Elfira, “APJII: Pandemi COVID-19 Buat Pengguna Internet di Indonesia Meningkat Hampir 200 Juta,” voi.id, 2020. https://voi.id/teknologi/19331/apjii-pandemi-covid-19-buat-pengguna-internet-di-indonesia-meningkat-hampir-200-juta.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, “Arti kata Berita,” Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2021. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/berita.

A. M. Hasan, “Info Hoax Soal Kesehatan Paling Banyak Beredar di Masyarakat,” tirto.id, 2017. https://tirto.id/info-hoax-soal-kesehatan-paling-banyak-beredar-di-masyarakat-cnQZ.

Tim Detikcom, “Kapan Sebenarnya Corona Pertama Kali Masuk RI?,” Detikcom, 2020. https://news.detik.com/berita/d-4991485/kapan-sebenarnya-corona-pertama-kali-masuk-ri?single=1.

C. Juditha, “People Behavior Related To The Spread Of Covid-19’s Hoax,” J. Pekommas, vol. 5, no. 2, p. 105, 2020, doi: 10.30818/jpkm.2020.2050201.

F. N. Ulya and B. P. Jatmiko, “Kompas.com Kembali Jadi Pemenang Kategori Media Online Tepercaya,” Kompas.com, 2019. https://money.kompas.com/read/2019/08/01/124215826/kompascom-kembali-jadi-pemenang-kategori-media-online-tepercaya?page=all.

H. Margianto, “Kompas.com Tersertifikasi dalam Jaringan Internasional Penguji Informasi,” Kompas.com, 2018. https://nasional.kompas.com/read/2018/10/17/08133311/kompascom-tersertifikasi-dalam-jaringan-internasional-penguji-informasi .

R. P. Aji, “Pelatihan Identifikasi dan Pelaporan Berita Hoax melalui portal ‘ turnbackhoax.id ’ kepada Masyarakat Desa Kedungwringin,” vol. 1, no. 2, pp. 120–127.

F. Prayoga, “Gugus Tugas Covid-19 Luncurkan Situs Resmi, Berisi Edukasi hingga Hoax Buster,” Okezone, 2020. https://nasional.okezone.com/read/2020/03/19/337/2186044/gugus-tugas-covid-19-luncurkan-situs-resmi-berisi-edukasi-hingga-hoax-buster.

H. Hermanto, A. Mustopa, and A. Y. Kuntoro, “Algoritma Klasifikasi Naive Bayes Dan Support Vector Machine Dalam Layanan Komplain Mahasiswa,” JITK (Jurnal Ilmu Pengetah. dan Teknol. Komputer), vol. 5, no. 2, pp. 211–220, 2020, doi: 10.33480/jitk.v5i2.1181.

P. Assiroj, Meyliana, A. N. Hidayanto, H. Prabowo, and H. L. H. S. Warnars, “Hoax News Detection on Social Media: A Survey,” 1st 2018 Indones. Assoc. Pattern Recognit. Int. Conf. Ina. 2018 - Proc., pp. 186–191, 2019, doi: 10.1109/INAPR.2018.8627053.

H. Mustofa and A. A. Mahfudh, “Klasifikasi Berita Hoax Dengan Menggunakan Metode Naive Bayes,” Walisongo J. Inf. Technol., vol. 1, no. 1, p. 1, 2019, doi: 10.21580/wjit.2019.1.1.3915.

D. Maulina and R. Sagara, “Klasifikasi Artikel Hoax Menggunakan Support Vector Machine Linear Dengan Pembobotan Term Frequency-Inverse Document Frequency,” J. Mantik Penusa, vol. 2, no. 1, pp. 35–40, 2018.

M. R. A. Nasution and M. Hayaty, “Perbandingan Akurasi dan Waktu Proses Algoritma K-NN dan SVM dalam Analisis Sentimen Twitter,” J. Inform., vol. 6, no. 2, pp. 226–235, 2019, doi: 10.31311/ji.v6i2.5129.

A. T. Akhir, “1 , 2 , 3.”

Y. Wulandari, Wiranto, and Wiharto, “Klasifikasi Keluhan Pelanggan Berbasis Twitter Menggunakan Metode Support Vector Machine (Svm) (Studi Kasus Pos Indonesia),” Pus. Dokumentasi dan Inf. Ilm. UNS, p. 1, 2017, [Online]. Available: https://eprints.uns.ac.id/43593/

Published
2021-07-19
How to Cite
[1]
I. Ropikoh, R. Abdulhakim, U. Enri, and N. Sulistiyowati, “Penerapan Algoritma Support Vector Machine (SVM) untuk Klasifikasi Berita Hoax Covid-19”, JAIC, vol. 5, no. 1, pp. 64-73, Jul. 2021.
Section
Articles