Sistem Pemantau Kualitas Udara Bebasis Wireless NetworkK

  • Arif Febriansyah Juwito Politeknik Negeri Batam
  • Aji Sanjaya Politeknik Negeri Batam
  • Fauzun Atabiq Politeknik Negeri Batam
  • Irwanto Zarma Putra Politeknik Negeri Batam
  • M. Syafei Gozali Politeknik Negeri Batam
  • M. Prihadi Eko Politeknik Negeri Batam
  • Handri Toar Politeknik Negeri Batam
  • Qoriatul Fitriyah Politeknik Negeri Batam
  • Hasnira Hasnira Politeknik Negeri Batam

Abstract

Sistem pemantau kuliatitas udara via web berbasis wireless network didesign sebagai sebuah jaringan telekomunikasi yang terkait secara nirkabel. Untuk mengetahui nilai dari kualitas udara di suatu wilayah yang ditetapkan secara real, maka perlu membangun sebuah sistem pemantauan kualitas udara. Pada penelitian ini akan digambarkan suatu rancang bangun dari sistem pemantau kualitas udara dengan memanfaatkan arduino yang dapat di akses melalui website. Perangkat ini dirancang dengan menggunakan arduino, sensor MQ7, hosting apache offline dan perangkat Wi-Fi ESP8266. Implementasi dari pengoperasian perangakat arduino yang digabungkan dengan ESP8266 ini dimaksudkan untuk memberikan pengaturan dalam mengatasi masalah pengumpulan data ataupun pemantauan kondisi lingkungan yang sulit dijangkau, dengan perangkat yang portable dengan sistemyang lebih dinamis, dan dapat diakses melalui website sehingga dapat mengakses infromasi data pembacaan sensor dari jarak jauh secara real.

Downloads

Download data is not yet available.

References

V. Maarif, N. I. Fadlilah, P. Studi Teknik informatika, and A. Binasaranainformatikapurwokerto, “Pembuatan Alat Pengukur Tingkat Polusi Udara Berbasis Mikrokontroller At89s51 Menggunakan Sensor Tgs 2600.”

R. Susana et al., “Implementasi Wireless Sensor Network Prototype Sebagai Fire Detector Menggunakan Arduino Uno Implementasi Wireless Sensor Network Prototype Sebagai Fire Detector Menggunakan Arduino Uno Prototype Implementation Of Wireless Sensor Network As Fire Detector Using Arduino Uno,” 2015.

Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Republik Indonesia, “Indeks Standar Pencemar Udara (Ispu) Sebagai Informasi Mutu Udara Ambien Di Indonesia

Abdul Kadir, Dasar Pemograman Internet untuk Proyek Berbasis Arduino, I., vol. 1. Yogyakarta: ANDY, 2018.

R.H. Sianipar, Pemrograman Database Menggunakan Mysql, 1st ed., vol. I. Yogyakarta: ANDI, 2015.

Abdul Kadir, Arduino MEGA: Panduan untuk Mempelajari Pembuatan Berbagai Proyek Elektronika, 1st ed. Yogyakarta: ANDI, 2018.

aldyrazor, “Arduino Mega 2560: Pengertian, Harga, dan Spesifikasi,” 2020. https://www.aldyrazor.com/2020/05/arduino-mega-2560-adalah.html (accessed Jul. 17, 2020).

l. hanwei electronics co., “technical data mq-7 gas sensor,” https://www.sparkfun.com/datasheets/Sensors/Biometric/MQ-7.pdf.

D. Setiawan, Buku Sakti Pemrograman Web: HTML, CSS, PHP, MySql, & Javascript. Yogyakarta: Start Up, 2017.

A. D. Pangestu, F. Ardianto, and B. Alfaresi, “Sistem Monitoring Beban Listrik Berbasis Arduino Nodemcu Esp8266,” vol. 4, no. 1, 2019.

Published
2022-06-30
How to Cite
Juwito, A., Sanjaya, A., Atabiq, F., Putra, I., Gozali, M., Eko, M., Toar, H., Fitriyah, Q., & Hasnira, H. (2022). Sistem Pemantau Kualitas Udara Bebasis Wireless NetworkK. Journal of Applied Electrical Engineering, 6(1), 32-37. https://doi.org/10.30871/jaee.v6i1.4106
Section
Manuscripts

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>