Otomasi Pendorong Singkong pada Mesin Pemotong dalam Pembuatan Keripik Singkong

  • Reinol Silitonga Politeknik Anonim
Keywords: Otomasi, mesin pemotong singkong, kripik singkong

Abstract

Mesin pemotong singkong otomatis merupakan suatu mesin yang dirancang untuk memotong singkong secara otomatis dengan memanfaatkan komponen elektronika. Hasil potongan singkong dapat dimanfaatkan sebagai makanan ringan salah satunya adalah kripik singkong. Dalam perancangan alat pemotong singkong ini dibutuhkan power supply 12 VDC sebagai penyuplai tegangan,  motor power window sebagai pendorong singkong, motor kapasitor sebagai penggerak mata pisau, push button dan limit switch sebagai saklar pengaktifan komponen. Mesin ini dikontrol dengan meggunakan relay, sedangkan potensiometer digunakan dalam menentukan kelajuan pendorong singkong. Pengukuran tebal atau tipisnya hasil pemotongan diukur menggunakan jangka sorong. Hasil pemotongan singkong optimal didapat pada hambatan potensiometer 1000 kΩ dan durasi waktu 12 menit untuk 3 kg singkong dengan ketebalan pemotongan 4 mm.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Winandar, Nikolaus dan M. Hafidin. “Mesin Pemotong Singkong Automatis”. Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya. 2004.

Hermanto, Bambang dan A. Setiyanto. “Modifikasi Mesin Pemotong Singkong Kontinu Dengan Hasil Potongan Berbentuk Oval dan Empat Persegi Panjang”. Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya. 2007.

I. Magdalena dan D. E. P. Sardi. “Rancang Bangun Mesin Pemotong Singkong Dengan Menggunakan Metode Cam Follower”. Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya. 2011.

A. Hidayatullah, dan N. Husodo. “Rancang Bangun Mesin Potong Singkong Menggunakan 6 Hopper dengan Metode Gerak Pemotongan Translasi Berpenggerak Motor Bensin”. Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya. 2016.

H. Ma. “Fundamentals of Electronic Circuit Design”. 2005. [Online]. Available: http://www-mdp.eng.cam.ac.uk/web/library/enginfo/electrical/hong1.pdf.

Published
2018-12-31
How to Cite
Silitonga, R. (2018). Otomasi Pendorong Singkong pada Mesin Pemotong dalam Pembuatan Keripik Singkong. Journal of Applied Electrical Engineering, 2(1), 18-21. https://doi.org/10.30871/jaee.v2i1.1078