Sistem Penghitung Nilai Efektivitas Mesin Forming Menggunakan Metode Overall Equipment Effectiveness

  • Vernando Vernando PT. Fluid Sciences Batam
  • Indra Hardian Mulyadi Politeknik Negeri Batam

Abstract

Overall Equipment Effectiveness (OEE) adalah metode yang digunakan untuk menghitung nilai efektivitas dari sebuah mesin atau peralatan. Jika nilai OEE ≥ 85%, maka mesin dapat dikatakan efektif. Jika nilai OEE < 85%, maka mesin tidak efektif dan akan dilakukan analisis untuk mencari akar permasalahan, di antaranya menggunakan metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA). Penelitian ini bertujuan membuat sistem penghitung nilai efektivitas mesin forming menggunakan metode OEE. Limit switch dan Arduino UNO digunakan untuk mengambil data output dari mesin, seperti jumlah produksi, total durasi kerja mesin, dan total durasi mesin berhenti. Data diolah menggunakan Microsoft Visual Studio (C#) dan  disimpan dalam database sehingga dapat ditampilkan dalam bentuk laporan bulanan menggunakan Crystal Report. Pengujian lapangan sistem ini dilaksanakan untuk menghitung OEE pada mesin die form. Berdasarkan hasil dari pengujian tersebut, sistem penghitung ini berfungsi dengan baik dalam menghitung OEE mesin die form tersebut, yang dalam hal ini berada dalam kisaran 59,05% s.d 97,17% (efektivitas di bawah nilai World class standard).

Downloads

Download data is not yet available.

References

H. Suliantoro, N. Susanto, H. Prastawa, I. Sihombing, and A. Mustikasari, “Penerapan Metode Overall Equipment Effectiveness (Oee) dan Fault Tree Analysis (FTA) untuk Mengukur Efektifitas Mesin Reng,” J@ti Undip J. Tek. Ind., vol. 12, no. 2, p. 105, Jul. 2017.

N. C. Dewi and J. Sudharto, “Analisis Penerapan Total Productive Maintenance (TPM) dengan Perhitungan Overall Equipment Efectiveness (OEE) dan Six Big Losses Mesin Cavitec PT. Essentra Surabaya (Studi Kasus PT. Essentra),” Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, 2015.

C. S. Sethia, P. N. Shende, S. S. Dange, M. Tech, and A. Professor, “Total Productive Maintenance-A Systematic Review,” 2014.

“Analisis Efektifitas Mesin Overhead Crane dengan Metode Overall Equipment Effectiveness (OEE) di PT. BTU, Divisi Boarding Bridge,” Ind. Syst. Eng. Assess. J., 2014.

W. A. A. Santoso, “Pengukuran Nilai Overall Equipment Effectiveness Sebagai Dasar Usulan Perbaikan Kinerja pada Proses Mesin Annealing Pickling Line di PT. Jindal Stainless Limited,” Mar. 2017.

Published
2020-12-31
How to Cite
Vernando, V., & Mulyadi, I. (2020). Sistem Penghitung Nilai Efektivitas Mesin Forming Menggunakan Metode Overall Equipment Effectiveness. Journal of Applied Electrical Engineering, 4(2), 34-39. https://doi.org/10.30871/jaee.v4i2.2702