PEMBUATAN DESAIN KARAKTER ANIMASI 2D "TERJEBAK HOAKS" DALAM BENTUK VEKTOR

Penulis

  • Umi Kalsum Nasution Politeknik Negeri Batam
  • Muchamad Fajri Amirul Nasrullah
  • Sandi Prasetyaningsih
  • Anis Rahmi

DOI:

https://doi.org/10.30871/jamn.v7i1.5748

Kata Kunci:

desain karakter, desain vektor, animasi 2D, pembuatan karakter

Abstrak

Animasi 2D tradisional membutuhkan waktu dan biaya yang besar, namun perkembangan teknologi telah membawa inovasi dalam pembuatan animasi 2D melalui proses digitalisasi. Animasi 2D berbasis vektor menggunakan perangkat lunak komputer dan memanfaatkan gambar berbasis vektor untuk menghasilkan animasi yang halus. Keunggulan animasi 2D berbasis vektor adalah fleksibilitas dalam perubahan dan pengeditan karakter, serta kemampuan untuk menggunakan kembali gambar vektor yang telah dibuat. Hal ini menghemat waktu dan biaya produksi animasi serta mempercepat proses produksi melalui teknik rigging dan tweening. Proses produksi desain karakter animasi 2D "Terjebak Hoaks" menggunakan metode proses desain Christopher Jones dan menerapkan konsep dasar, ukuran, dan variasi dari metode desain karakter Tom Bancroft. Setiap karakter memiliki bentuk, ukuran, dan pose yang berbeda, mencerminkan karakteristik yang berbeda pula. Hasil akhir penelitian ini adalah tiga desain karakter animasi 2D dalam bentuk vektor yang akan menjadi tokoh dan medium dalam penggerak plot cerita animasi "Terjebak Hoaks".

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-23

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>