Kendali Lengan Robot Manipulator Menggunakan Kamera Stereo

  • Ary Alfianto Politeknik Negeri Batam
Keywords: kontrol robot manipulator, kamera stereo, online, offline, simulasi

Abstract

Robot Manipulator banyak digunakan dalam berbagai proses, salah satunya dibidang kedokteran. Dokter menggunakan alat bantu berupa robot manipulator sebagai alat mentranslasikan pergerakan tangan untuk melakukan pembedahan. Pada aplikasi lain, pergerakan robot manipulator menggunakan joystick dan membutuhkan kemampuan untuk mengontrol pergerakan robot. Berdasarkan pemaparan tersebut, penulis membuat sistem kendali robot manipulator menggunakan pergerakan tangan. Sistem kendali yang menghubungkan robot manipulator dengan kamera stereo menggunakan koneksi TCP IP. Metode yang digunakan dalam penelitan ini yaitu metode offline dan online. Metode offline yaitu hasil data yang diterima dari kamera stereo akan ditampilkan visual robot manipulator pada PC. Sedangkan metode online, data yang di terima dari input akan di kirim ke PC server menggunakan komunikasi TCP IP untuk mengendalikan robot manipulator. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah robot manipulator dapat bergerak sesuai dengan pergerakan tangan secara offline maupun online. Kecepatan pergerakan robot manipulator mendekati kecepatan pergerakan tangan ketika kecepatan internal dari robot manipulator maksimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Erol, A. et al., “Vision-based hand pose estimation: A review,” Computer Vision and Image Understanding, vol. 108, no. 1, pp. 52–73, 2007.

Mahtarami, A., and Hariadi, M., “Tracking Gerak Tangan Berbasis Pyramidal Lucas-Kanade”, digilib.its.ac.id, 2009.

RobotWorx, “Industrial Robot”, https://www.robots.co. [Aug 2017]

Leap Motion Developer, “Leap Motion Coordinate Mapping” https://developer.leapmotion.com. [Aug 2017]

Published
2017-10-31
How to Cite
Alfianto, A. (2017). Kendali Lengan Robot Manipulator Menggunakan Kamera Stereo. Journal of Applied Electrical Engineering, 1(1), 1-6. Retrieved from https://jurnal.polibatam.ac.id/index.php/JAEE/article/view/690
Section
Manuscripts