Pengaruh Penggunaan Bahan Bakar dengan Angka Oktan yang Berbeda terhadap Unjuk Kerja dan Emisi Gas Buang Mesin

  • Muhammad Hasan Albana Mechanical Engineering study Program, Politeknik Negeri batam
Keywords: Angka Oktan, Daya, Emisi Gas Buang, Tekanan efektif rata-ratam, Torsi

Abstract

Bahan bakar bensin yang digunakan untuk spark ignition engine (SIE) dibedakan kualitasnya berdasarkan angka oktan yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan bahan bakar dengan angka oktan yang berbeda yaitu bahan bakar bensin dengan RON (research octane number) 88 dan bahan bakar bensin dengan RON 95 terhadap torsi, daya, tekanan efektif rata-rata serta emisi gas buang hidrokarbon (HC) dan karbon monok- sida (CO). Penelitian dilakukan secara eksperimen dengan mesin uji empat langkah satu silinder. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa torsi, daya dan tekanan efektif rata-rata yang dihasilkan dari penggunaan bahan bakar bensin dengan RON 95 lebih tinggi 1,7%, 1,4% dan 1,8% dibandingkan ketika menggunakan bahan bakar
bensin dengan RON 88. Penggunaan bahan bakar bensin dengan RON 95 juga menghasilkan emisi gas buang CO yang lebih rendah 68,5% dibandingkan ketika menggunakan bahan bakar bensin dengan RON 88. Akan tetapi emisi HC yang dihasilkan lebih tinggi 35,9%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-10-03