PURWARUPA PENGENDALI KECEPATAN MOTOR INDUKSI 1 FASA VIA ANDROID

  • Abdullah Sani Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Batam
  • Ersi Eka Nur Jannah Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Batam

Abstract

Motor adalah alat untuk mengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Banyak peralatan listrik yang menggunakan motor terutama motor induksi 1 fasa. Untuk mendapatkan putaran kecepatan motor sesuai dengan kebutuhan maka diperlukan pengendalian kecepatan pada motor, untuk itu pada penelitian ini penulis melakukan penelitian dengan judul purwarupa pengendali kecepatan motor induksi 1 fasa via android. Pengendalian kecepatan dengan android membuat sistem ini lebih mudah diakses dan lebih praktis. Pengendalian kecepatan motor menggunakan modul Wemos Wi-Fi ESP8266 yang terhubung dengan driver motor (AC light dimmer), dengan mengatur Pulse Width Modulation (PWM) input pada driver maka motor akan berputar dengan kecepatan tertentu sesuai dengan PWM yang diberikan. Adapun pengujian yang telah dilakukan mengatur duty cycle PWM dengan kelipatan 10% dimulai dari 0% hingga 100% didapatkan bahwa alat akan berputar ketika mencapai duty cycle PWM 30%, tegangan keluaran dari alat adalah 60VAC hingga 220VAC, arus keluaran 0.35A hingga 0.65A, dan kecepatan putaran motor naik dari 1474 rpm hingga 2625. Hal tersebut menunjukkan bahwa alat sudah bekerja dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dwi Hadidjaja, Onny Setyawati dan Didik Rahadi Santoso,” Jurnal EECCIS” Analisis Pengaturan Putaran Motor Satu Fasa dengan Parameter Frekuensi Menggunakan Power Simulator (PSIM), vol. 9. pp. 1, Des.2015.

Agus Sutriyono,”Rancang Bangun Pengendali Motor 1 Fasa Dengan Metode zero Crossing Detector berbasis Arduino” Proyek Akhir, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, 2017.

Novi Dharmayani, “Sistem Pendeteksi Alarm Kendaraan Bermotor Berbasis Internet Of Things” Proyek Akhir, Politeknik Negeri Batam, Batam,2018.

Rahadi, D. R. (2014). Pengukuran Usability Sistem Menggunakan Use Questionnaire Pada Aplikasi Android. Jurnal Sistem Informasi , 6, 661-671.

Septryanti, A., & Fitriyanti. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Kunci Pintu Otomatis Berbasis Mikrokontroler Arduino Menggunakan Smartphone Android. Journal of Computer Engineering System and Science,2, 59-63

Silvia, A. F., Haritman, E., & Muladi, Y. (2014). Rancang Bangun Akses Kontrol Pintu Gerbang Berbasis Arduino dan Android. Electrans, 13, 1-10

Wang, R., Enck, W., Reeves, D., Zhang, X., Ning, P., Xu, D., et al. (2015). EASEAndroid: Automatic Policy Analysis and Refinement for Security Enhanced Android via Large-Scale Semi-Supervised Learning. The 24th USENIX Security Symposium. Washington: USENIX Association.

Muhammad Arifin, Egi Fazar Firrizqi, Abdullah Sani, (2019) Akses Kontrol Kotak Kunci Ruang Kelas Berbasis Smartphone Android. Jurnal Integrasi, vol. 1, 63-67.

Published
2020-10-31