Identifikasi Tebal Plat Lambung Kapal Tanker Tyche IMO 8794891 Dengan Ultrasonic Thicness Gauge

Penulis

  • Aulia Fajrin Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Batam
  • Mutiarani Mutiarani Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Batam
  • Nugroho Pratomo Ariyanto Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Batam
  • Wissesa Wissesa Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Batam

DOI:

https://doi.org/10.30871/jatra.v4i2.4786

Kata Kunci:

Identifikasi, NDT, Utrasonic Thickness Gauge, Replating

Abstrak

NDT (Non-Destructive Test) merupakan pengujian tanpa merusak material atau spesimen. Salah satu peralatan NDT yang bisa digunakan untuk mengukur tebal dari plat lambung kapal adalah Ultrasonic Thickness Gauge (UTG). Alat ini menggunakan gelombang suara yang dipantulkan dan diterima oleh probe dan diubah ke data angka, angka tersebut digunakan untuk melihat ketebalan dari material plat tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan identifikasi tebal plat lambung kapal tanker Tyche dengan Ultrasonic Thickness Gauge (UTG) agar diketahui apakah diperlukan proses replating atau tidak. Berdasarkan data dari hasil pengukuran bukaan kulit lambung kapal Tyche di bagian portside dan sideboard, tebal plat terkecil adalah 9,7 mm. Hasil tersebut masih termasuk ke dalam toleransi  karena apabila dilakukan perhitungan dengan tebal plat awal 12 mm"“2.4 mm, maka minimum ketebalan yang dapat diterima adalah 9,6 mm. Apabila ditemukan tebal plat di bawah 9,6 mm berdasarkan standard dari pihak klass Biro Klasifikasi Indonesia (BKI), plat tersebut akan dinyatakan NG (Not Good) harus dilakukan replating. Berdasarkan tabel pengujian, pada kapal tanker Tyche tidak ditemukan hasil UTG yang berada di bawah standar ketebalan plat yang telah ditetapkan. Kapal tanker Tyche dengan kode IMO 8794891 masih aman untuk tetap beroperasi dan tidak perlu dilakukannya proses replating secara sebagian maupun menyeluruh.

Unduhan

Referensi

AS Dwiono.2021. Perbaikan Lambung Kapal KM.Karima PT. CSFI-Cilacap. Dinamika Bahari

Vol.2 No.1 Edisi Mei 2021: 56-61https://idoc.pub/documents/rePlating-plat-bottom-kapal-cargo-ylyx1ezmkvnm

Syas'ko V A, Potapov A I, Golubev S S, Smorodinskii Y G and Smirnova N I 2018 Russian Journal of Nondestructive Testing 54(10) 698"”710.

Davydov V V, Myazin N S, Logunov S E and Fadeenko V B 2018 Russian Journal of Nondestructive Testing 54(3) 213"”221.

Grevtseva, A. S., Davydov, V. V., & Rud, V. Y. (2020, December). Development of neural network for automatic calibration of ultrasonic thickness gauge. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1697, No. 1, p. 012079). IOP Publishing.

Manninen S A, Kuznetsov P A and Zhumagalieva A A 2017 Measurement Techniques 60(6) 600-603.

Alatuji.com (2022, 29 Desember). Cara Mudah Kalibrasi Coating Thickness Gauge. Diakses pada 29 Desember 2022. https://www.alatuji.com/article/detail/589/cara-mudah-kalibrasi-coating-thickness-gauge

Diterbitkan

2022-12-31

Cara Mengutip

Fajrin, A., Mutiarani, M., Ariyanto, N. P., & Wissesa, W. (2022). Identifikasi Tebal Plat Lambung Kapal Tanker Tyche IMO 8794891 Dengan Ultrasonic Thicness Gauge. Jurnal Teknologi Dan Riset Terapan (JATRA), 4(2), 69–73. https://doi.org/10.30871/jatra.v4i2.4786

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>