User Experience Analysis of VR Tower Defence Game The Rise Of Majapahit Using User Experience Questionnaire Method

  • Handika Putra Ahmad Hibatullah Politeknik Negeri Batam
  • Riwinoto Riwinoto

Abstract

Tower Defence the Rise of Majapahit Kingdom adalah aplikasi yang membantu pengguna mempelajari memanah dengan akurasi yang tepat menggunakan Virtual Reality sehingga akan lebih imersif dan meningkatkan pengalaman pengunjung, serta menawarkan Edutainment interaktif yang memungkinkan pengunjung untuk bermain, belajar, dan bersenang-senang secara simultan. Virtual Reality adalah teknologi komputer yang menciptakan lingkungan maya yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dan merasa seolah-olah berada di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi permainan VR "Tower Defence the Rise of Majapahit Kingdom" yang berfokus pada tema sejarah Majapahit, khususnya dalam konteks memanah. Virtual Reality memiliki aspek penting yang terkait dengan pengalaman pengguna dan perlu diukur. Pengukuran pengalaman pengguna sangat penting karena dapat mempengaruhi kesuksesan aplikasi. Aspek usability adalah bagian penting dari pengalaman pengguna yang menentukan kapasitas aplikasi untuk menyelesaikan tugas dengan cara yang efisien dan memuaskan pengguna. Karenanya aplikasi VR harus diuji untuk memastikan pengalaman pengguna yang baik dan efektif. User Experience Questionnaire (UEQ) digunakan untuk menguji kemampuan. Berbentuk kuesioner yang terdiri dari 26 pertanyaan yang dinilai berdasarkan skala nilai dari 1 hingga 7. Metode ini membuktikan kualitas aplikasi VR Tower Defence the Rise of Majapahit Kingdom memiliki kualitas yang cukup bagus. Lima elemen menerima skor di atas rata-rata, sedangkan satu elemen berada di bawah rata-rata. Ini disebabkan oleh fakta bahwa aplikasi masih memiliki beberapa kekurangan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-08-06

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>