PERAN ORANG TUA DAN SIKAP MATERIALISME MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MENABUNG GEN-Z: LITERASI KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
DOI:
https://doi.org/10.30871/jama.v9i1.9537Kata Kunci:
Literasi Keuangan, Peran Orang Tua, Keputusan MenabungAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari faktor-faktor yang memengaruhi keputusan menabung gen-z, dengan memfokuskan pada literasi keuangan, peran orang tua, dan materialisme. Responden penelitian adalah 340 mahasiswa jurusan Manajemen dan Bisnis di Politeknik Negeri Batam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang terdiri atas beberapa tahapan, seperti pengumpulan data, pengolahan data dengan menggunakan SmartPLS 3, uji outer dan inner, pengujian hipotesis, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan peran signifikan orang tua dalam membentuk literasi keuangan dan keputusan menabung gen-z. Literasi keuangan juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menabung gen-z. Temuan menarik pada variabel materialisme, yang sebelumnya dianggap negatif, memiliki pengaruh positif terhadap keputusan menabung gen-z, menyoroti kompleksitas perilaku keuangan. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis penting dengan menerapkan Theory of Planned Behavior (TPB) pada literasi keuangan, peran orang tua, dan materialisme dalam keputusan menabung. Secara praktis, penelitian ini memberikan pandangan yang jelas bagi gen-z dan orang tua mengenai faktor-faktor yang memengaruhi keputusan menabung, dengan harapan gen-z dapat mengembangkan kebiasaan menabung yang positif dan berkelanjutan, memberikan dampak positif pada stabilitas finansial mereka di masa depan.
Unduhan
Referensi
Alshebami, A., & Seraj, A. H. A. (2021). The Antecedents of Saving Behavior and Entrepreneurial Intention of Saudi Arabia University Students. Educational Sciences: Theory and Practice, 21, 67–84. https://doi.org/10.12738/jestp.2021.2.005
F. Hair Jr, J., Sarstedt, M., Hopkins, L., & G. Kuppelwieser, V. (2014). Partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM). European Business Review, 26(2), 106–121. https://doi.org/10.1108/EBR-10-2013- 0128
Hartono, U., & Isbanah, Y. (2022). STUDENTS’ SAVING BEHAVIOUR: WHAT ARE THE MOTIVES THAT INFLUENCE THEM TO SAVE? Jurnal
Ekonomi Bisnis Dan Kewirausahaan, 11(3), 363. https://doi.org/10.26418/jebik.v11i3.5656 1
Islam, T., Wei, J., Sheikh, Z., Hameed, Z., & Azam, R. I. (2017). Determinants of compulsive buying behavior among young adults: The mediating role of materialism. Journal of Adolescence, 61(1), 117–130. https://doi.org/10.1016/j.adolescence.201 7.10.004
Kamarudin, Z., & Hashim, J. H. (2018). FACTORS AFFECTING THE SAVING BEHAVIOUR OF TAJ INTERNATIONAL COLLEGE STUDENTS.
Mardiana, V., & Rochmawati, R. (2020). SELF-CONTROL SEBAGAI MODERASI ANTARA PENGETAHUAN KEUANGAN, FINANCIAL ATTITUDE, DAN UANG SAKU TERHADAP PERILAKU MENABUNG. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 30, 83–98. https://doi.org/10.23917/jpis.v30i2.1187
Otoritas Jasa Keuangan. (N.D.). Sp - Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan Tahun 2022. Pangestu, S., & Karnadi, E. B. (2020). The effects of financial literacy and materialism on the savings decision of generation Z Indonesians. Cogent Business & Management, 7(1), 1743618. https://doi.org/10.1080/23311975.2020.17 43618
Potrich, A. C. G., & Vieira, K. M. (2018). Demystifying financial literacy: a behavioral perspective analysis. Management Research Review, 41(9), 1047–1068. https://doi.org/10.1108/MRR-08-2017-0263
Pradhan, D., Israel, D., & Jena, A. K. (2018). Materialism and compulsive buying behaviour. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 30(5), 1239– 1258. https://doi.org/10.1108/APJML-08-2017-0164
Richins, M. L., & Dawson, S. (1992). A Consumer Values Orientation for Materialism and Its Measurement: Scale Development and Validation. https://Academic.Oup.Com/Jcr/Article/19/3/303/1786697
Siboro, E. D., & . R. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan, Dan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Menabung Melalui Self Control Sebagai Variabel Intervening Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Perguruan Tinggi Negeri Di Surabaya. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 5(1), 37–50. https://doi.org/10.29408/jpek.v5i1.3332
Sirine, H., & Utami, D. S. (2016). Faktor- Faktor Yang Memengaruhi Perilaku Menabung Di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 18(1), 27. https://doi.org/10.24914/jeb.v19i1.479
Suhartanto, D. (2020). Analisa Data untuk Riset Bisnis: Spss, Amos, Pls (Edisi 2). Politeknik Negeri Bandung.
Taqwa, Y. S. S., & Mukhlis, I. (2022). E- Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumtif Pada Generasi Z. 11(07).https://Ojs.Unud.Ac.Id/Index.Php/ Eeb/
Wijoyo, H., Indrawan, I., Cahyono, Y., Handoko, A. L., & Santamoko, R. (2020). Generasi Z & Revolusi Industri 4.0. Cv. Pena Persada.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Faiza Aliyah, Gryson Kirshner Haloho, Zalfa Putri Xaviera, Riyadi Aprayuda

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


