PENGARUH LEVERAGE, DIVERSIFIKASI PRODUK DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PROFITABILITAS

  • Sinarti Sinarti Politeknik Negeri Batam
  • Jagat Darmajati Politeknik Negeri Batam
Keywords: Leverage, diversifikasi produk, ukuran perusahaan, profitabilitas

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk memberikan bukti empiris terkait pengaruh leverage, diversifikasi produk dan ukuran perusahaan terhadap profitabilitas. Leverage diukur menggunakan rasio utang terhadap ekuitas. Diversifikasi produk diproksi menggunakan indeks Herfindahl. Profitabilitas perusahaan diukur menggunakan ROE.Sampel pada penelitian ini berjumlah 170 perusahaan asuransi umum yang diperoleh dengan menggunakan metode teknik purposive sampling. Pengujian hipotesis menggunakan analisa linier berganda. Hasil dari penelitian ini bahwa leverage dan ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan pada profitabilitas perusahaan sedangkan diversifikasi produk berpengaruh negatif pada profitabilitas. Dapat disimpulkan bahwa kesempatan untuk berinvestasi adalah faktor- faktor yangmeningkatkan profit perusahaan. Penelitian selanjutnya dapat menggunakan perusahaan selain sektor asuransi dan juga dapat menambahkan variabel lain yang mendukung.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-03-29
How to Cite
Sinarti, S., & Darmajati, J. (2019). PENGARUH LEVERAGE, DIVERSIFIKASI PRODUK DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PROFITABILITAS. JOURNAL OF APPLIED MANAGERIAL ACCOUNTING, 3(1), 96-106. https://doi.org/10.30871/jama.v3i1.966

Most read articles by the same author(s)