PENGARUH LEVERAGE, DIVERSIFIKASI PRODUK DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PROFITABILITAS
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk memberikan bukti empiris terkait pengaruh leverage, diversifikasi produk dan ukuran perusahaan terhadap profitabilitas. Leverage diukur menggunakan rasio utang terhadap ekuitas. Diversifikasi produk diproksi menggunakan indeks Herfindahl. Profitabilitas perusahaan diukur menggunakan ROE.Sampel pada penelitian ini berjumlah 170 perusahaan asuransi umum yang diperoleh dengan menggunakan metode teknik purposive sampling. Pengujian hipotesis menggunakan analisa linier berganda. Hasil dari penelitian ini bahwa leverage dan ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan pada profitabilitas perusahaan sedangkan diversifikasi produk berpengaruh negatif pada profitabilitas. Dapat disimpulkan bahwa kesempatan untuk berinvestasi adalah faktor- faktor yangmeningkatkan profit perusahaan. Penelitian selanjutnya dapat menggunakan perusahaan selain sektor asuransi dan juga dapat menambahkan variabel lain yang mendukung.
Downloads
Copyright (c) 2019 JOURNAL OF APPLIED MANAGERIAL ACCOUNTING
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.