PENGARUH PENGALAMAN KERJA DAN PEMAHAMAN AKUNTASI TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN (STUDI KASUS PADA UMKM WILAYAH MEDAN DELI YANG TERDAFTAR DI DINAS KOPERASI)

  • Siti Aisyah Universitas Potensi Utama
  • Muhammad Habibie Universitas Medan Area
  • Ina Liswanty Universitas Potensi Utama
  • Taufiq Risal Universitas Potensi Utama
  • Tri Dessy Fadillah STAI Syekh H. Abdul Halim Hasan Al-Ishlahiyah Binjai
Keywords: Pengalaman Kerja, Pemahaman Akuntansi, Kualitas Laporan

Abstract

Laporan keuangan dengan Standar Akuntansi yang baik dapat mengontrol biaya operasional bisnis agar usaha dapat berkembang dan lebih lama. Kendala yang menghambat pada UMKM dalam penerapan akuntansi antara lain dilihat dari segi kemampuan yang meliputi latar belakang pengalaman yang kurang memadai, belum pernah mengikuti pelatihan akuntansi, dan kebutuhan akuntansi masih kurang memadai dari segi pengelolaan belum ada keutuhan terhadap penerapan akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pemahaman akuntansi dan pengalaman kerja terhadap kualitas laporan keuangan pada UMKM Wilayah Medan Deli. Penelitian ini menggunakan data primer dimana data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Penelitian ini dilakukan terhadap UMKM Wilayah Medan Deli yang terdaftar di Dinas Koperasi Tahun 2022 dengan populasi sebanyak 1825 UMKM Kota Medan dengan sampel sebanyak 70 responden. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengalaman kerja berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan. Pemahaman akuntansi berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-04-01
How to Cite
Aisyah, S., Habibie, M., Liswanty, I., Risal, T., & Fadillah, T. D. (2024). PENGARUH PENGALAMAN KERJA DAN PEMAHAMAN AKUNTASI TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN (STUDI KASUS PADA UMKM WILAYAH MEDAN DELI YANG TERDAFTAR DI DINAS KOPERASI). JOURNAL OF APPLIED MANAGERIAL ACCOUNTING, 8(1), 168-177. https://doi.org/10.30871/jama.v8i1.7345