ANALISIS MATURITAS: SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMERINTAH TERINTEGRASI PERATURAN BPKP NOMOR 5 TAHUN 2021

  • Silmi Silmi Universitas Andalas
Keywords: Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Terintegrasi, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) No. 5 tahun 2021, Soft System Methodology (SSM)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor penyebab dan tindakan yang dapat dilakukan dalam mengatasi faktor penyebab belum sempurnanya level maturitas SPIP Terintegrasi di Lingkungan Pemerintah Kota Bukittinggi yang berlandaskan dasar hukum Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) No. 5 tahun 2021. Sumber data penelitian adalah data primer dari wawancara dan data sekunder dari pengumpulan data dokumentasi pada Inspektorat Daerah Kota Bukittinggi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknis analisis menggunakan pendekatan Soft System Methodology (SSM). Hasil penelitian mengindikasikan faktor penyebab Pemerintahan Kota Bukittinggi belum meraih level maturitas SPIP Terintegrasi sempurna adalah data tidak terdokumentasi dengan baik, kurang komitmen dan motivasi, tidak ada reward dan punishment, tidak ada satuan petugas penanggungjawab khusus, bimbingan teknis dan sosialisasi tidak tepat sasaran, miskonsepsi, tidak ada anggaran khusus dan aplikasi rumit. Tindakan yang dapat dilakukan untuk mengatasi faktor penyebab tersebut dengan mengadakan kegiatan bimbingan teknis dan sosialisasi kepada seluruh staf SKPD, membentuk sistem reward dan punishment,menjalin komunikasi yang baik antar BPKP, Inspektorat dan SKPD, melakukan kontinuitas pemantauan dan pengendalian.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-03-28
How to Cite
Silmi, S. (2024). ANALISIS MATURITAS: SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMERINTAH TERINTEGRASI PERATURAN BPKP NOMOR 5 TAHUN 2021. JOURNAL OF APPLIED MANAGERIAL ACCOUNTING, 8(1), 47-58. https://doi.org/10.30871/jama.v8i1.7304