R Return on asset, Return On Equity, Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan

  • Erniyawati Mustaqomah Politeknik Pratama Mulia
  • Defi Citasari Politeknik Pratama Mulia
Keywords: Return on Asset; Return on Investment; Corporate Social Responsibility; Nilai perusahaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh return on assets, return on equity, dan corporate social responsibility baik secara parsial maupun simultan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sektor industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2019-2022.Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Pemilihan sampel perusahaan menggunakan metode purposive sampling diperoleh 15 perusahaan yang memenuhi persyaratan sebagai sampel dari 63 perusahaan sebagai populasi. Data yang digunakan berupa data sekunder yang didapatkan melalui website resmi IDX. Metode statistik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu statistic deskriptif, asumsi klasik, dan uji regresi linear berganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel return on assets berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, return on equity berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, corporate social responsibility tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan untuk perusahaan sektor industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2022. Return on assets, return on equity, dan corporate social responsibility secara simultan berpengaruh dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Pada penelitian ini variabel return on assets, return on equity, dan corporate social responsibility dapat mempredisiksi variabel nilai perusahaan sebesar 48,4% sedangkan sisanya sebesar 51,6% dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel penelitian.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-10-30
How to Cite
Mustaqomah, E., & Citasari, D. (2023). R Return on asset, Return On Equity, Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan. JOURNAL OF APPLIED MANAGERIAL ACCOUNTING, 7(2), 200-207. https://doi.org/10.30871/jama.v7i2.6635