PENERAPAN MODEL BISNIS KANVAS TERHADAP BISNIS JASA ANGKUT PENUMPANG PADA PT INTERNASIONAL GOLDEN SHIPPING

  • Riza Kurniasari Politeknik Negeri Batam
  • Dwi Kartikasari Politeknik Negeri Batam
Keywords: Model bisnis, kanvas, Analisis SWOT

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui Model Bisnis Kanvas antara lain customer segments, value propositions, channels, customer relationships, revenue streams, key resources, key activities, key partnerships dan cost structure pada PT Internasional Golden Shipping. Penelitian ini difokuskan pada PT Internasional Golden Shipping yang bergerak dibidang jasa angkut penumpang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model bisnis kanvas pada PT Internasional Golden Shipping.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang mengarah pada pendeskripsian secara kualitatif mengenai Business Model Canvas pada PT Internasional Golden Shipping dan selanjutnya dievaluasi dengan analisis SWOT pada tiap elemennya. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini terbukti bahwa PT Internasional Golden Shipping dari segi segmentasi ekonomi lebih mengarah ke kalangan menengah atas terlihat dari value proposations keunggulan yang dimiliki perusahaan adalah satu-satunya perusahaan kapal yang dapat bersandar di Johor (pasir gudang), channels yang dijalankan oleh perusahaan ini adalah menjalin hubungan baik dengan konsumennya yang dibangun dengan berhubungan secara personal sehingga konsumen dapat merasakan pelayanan yang ramah dari karyawan saat melakukan transaksi ataupun keluhan. Untuk pengahasilan yang didapat oleh perusahaan yaitu dari penjualan tiket yang dilakukan oleh SDM yang berkualitas dan didukung dengan alat operasional berupa kapal. Untuk key partnership pada perusahaan dengan keterbatasan sumber daya manusia perusahaan selalu membina dan menjga hubungan baik antar mitra bisnisnya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-04-11
How to Cite
Kurniasari, R., & Kartikasari, D. (2018). PENERAPAN MODEL BISNIS KANVAS TERHADAP BISNIS JASA ANGKUT PENUMPANG PADA PT INTERNASIONAL GOLDEN SHIPPING. JOURNAL OF APPLIED MANAGERIAL ACCOUNTING, 2(1), 6-14. https://doi.org/10.30871/jama.v2i1.631

Most read articles by the same author(s)