The Analisis Perencanaan, Implementasi dan Evaluasi Program Corporate Social Responsibility pada Perusahaan Manufaktur di Kota Batam

  • Lidya Elizabeth Simbolon Lidya
Keywords: CSR

Abstract

Pelaku ekonomi wajib memberikan tanggung jawab perusahaannya kepada lingkungan dan masyarakat. Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan konsep penting yang perlu dikembangkan dan diintegrasikan oleh para pelaku usaha. Realisasi dari CSR itu sendiri ialah hal apa yang dilakukan oleh perusahaan itu. Program yang dirancang juga tentunya harus berdampak baik bagi lingkungan atau masyarakat itu sendiri. Hal ini lah yang menjadikan perencanaan, implementasi dan evaluasi dari program tersebut menjadi penting. Tata kelola yang baik, akan menghasilkan program baik dan tentunya akan memberikan dampak serta manfaat yang baik. Pada penelitian ini bertujuan untuk membahas mulai dari tahap perencanaan, implementasi dan evaluasi pada program Blood Donation yang dilaksanakan di PT McDermott Indonesia dengan metode pendekatan ialah analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian pada tahap perencanaan ialah, CSR PT McDermott Indonesia harus memastikan dan menetapkan dahulu tuan program dan haruslah sesuai dengan policy yang dipegang. Pada tahapan pelaksanaan, kegiatan berjalan sesuai dengan rencana dan permasalahan yang timbul dapat terselesaikan. Terakhir pada tahap evaluasi, responden yang mengisi kuisioner mengaku puas dengan kegiatan yang sudah berlangsung.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-03-31
How to Cite
Simbolon, L. (2023). The Analisis Perencanaan, Implementasi dan Evaluasi Program Corporate Social Responsibility pada Perusahaan Manufaktur di Kota Batam. JOURNAL OF APPLIED MANAGERIAL ACCOUNTING, 7(1), 100-114. https://doi.org/10.30871/jama.v7i1.5024