SKEPTISISME PROJECT BASED LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI BERKELANJUTAN: PERSPEKTIF MAHASISWA AKUNTANSI

  • VINA KHOLISA DINUKA POLITEKNIK NEGERI BATAM
  • Diah Amalia Politeknik Negeri Batam
Keywords: Bismillahsubmit19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan perilaku dan faktor skeptisisme yang timbul pada mahasiswa akuntansi dalam penerapan Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL). Metode penelitian menggunakan kombinasi model/desain Sequential Exploratory. Penelitian tahap pertama menggunakan metode kualitatif dan pada tahap kedua menggunakan metode kuantitatif. Teknik analisis data adalah Structural Equation Modelling-Partial Least Square (SEM-PLS) menggunakan software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian kualitatif bahwa timbul sikap skeptis mahasiswa yang akan berdampak pada penerapan PBL/PjBL dalam kurikulum mata kuliah akuntansi. Untuk norma subjektif ini tidak mempengaruhi setiap keputusan yang akan diambil karena mahasiswa memiliki kecenderungan untuk tidak meyakini lingkungan sekitarnya, sehingga persepsi lingkungan sosial tidak dapat mempengaruhi mahasiswa untuk berperilaku skeptis. Sedangkan semakin kuat keyakinan akan sulitnya untuk melakukan kuliah PBL/PjBL sehingga semakin kuat keraguan yang muncul yang akan menyebabkan tidak efektifnya pelaksanaan kuliah PBL/PjBL. Hasil penelitian kuantitatif menyatakan bahwa attitude toward behaviour dan perceived behavioural control memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependennya yaitu penerapan PBL/PjBL dalam kurikulum mata kuliah akuntansi. Untuk variabel subjective norm tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel penerapan PBL/PjBL dalam kurikulum mata kuliah akuntansi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-10-31
How to Cite
DINUKA, V., & Amalia, D. (2022). SKEPTISISME PROJECT BASED LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI BERKELANJUTAN: PERSPEKTIF MAHASISWA AKUNTANSI. JOURNAL OF APPLIED MANAGERIAL ACCOUNTING, 6(2), 330-344. https://doi.org/10.30871/jama.v6i2.4774

Most read articles by the same author(s)