PERANAN PENERIMAAN PAJAK DAERAH DAN RETRIBUSI DAERAH TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH PADA BADAN PENDAPATAN DAERAH KABUPATEN BULUKUMBA

  • Revoldai Agusta Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi LPI Makassar
Keywords: Pajak Daerah, Retribusi Daerah, Pendapatan Asli Daerah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Penerimaan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah memberikan peranan terhadap Pendapatan Asli Daerah pada Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Bulukumba.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Deskriptif kualitatif adalah mengumpulkan, mengolah dan menginterprestasikan yang diperoleh sehingga memberikan keterangan yang benar dan lengkap untuk pemecahan masalah yang dihadapi. Data yang diperoleh yaitu daftar rincian- rincian Pendapatan Asli Daerah selama tiga tahun yaitu dari tahun 2016 sampai 2018.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilihat dari penerimaan pajak dan penerimaan retribusi yang diterima dari tahun 2016 sampai 2018 dan kontribusi pajak dan retribusi daerah terhadap pendapatan asli daerah maka dapat diketahui bahwa penerimaan pajak daerah dan retribusi daerah memberikan peranan yang cukup signifikan terhadap pendapatan asli daerah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-03-31
How to Cite
Agusta, R. (2020). PERANAN PENERIMAAN PAJAK DAERAH DAN RETRIBUSI DAERAH TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH PADA BADAN PENDAPATAN DAERAH KABUPATEN BULUKUMBA. JOURNAL OF APPLIED MANAGERIAL ACCOUNTING, 4(1), 33-41. https://doi.org/10.30871/jama.v4i1.1909