Kendali Posisi Linear Actuator Berbasis PID Menggunakan PLC

  • Randy Hardiansyah Politeknik Anonim
Keywords: Kontrol posisi, PID, PLC, linear actuator, kontrol pneumatik

Abstract

Linear actuator pada pneumatik mempunyai kemampuan gerak linier yang cepat, namun tidak diimbangi dengan kemampuan untuk berhenti pada setiap posisi pergerakannya. Pergerakan linear actuator pada umumnya hanya dapat berhenti pada kedua ujung terminalnya (endpoint). Sehingga diperlukan sistem kendali pergerakan posisi linear actuator. Dalam penelitian ini, penulis melakukan penelitian bagaimana merancang sistem kendali untuk mengendalikan posisi linear actuator. Pada penelitian ini menggunakan sistem kendali PID dengan metode trial and error dalam menentukan nilai konstanta PID dan menggunakan kontroler berupa PLC. Dari hasil pengujian sistem kendali posisi linear actuator waktu yang dibutuhkan untuk mencapai steady state dari posisi 0 cm menuju 30 cm yaitu 2.079 second. Hasil dari pengujian sistem kendali posisi linear actuator menggunakan kontrol PID menghasilkan nilai steady state error yang cukup kecil yaitu selisih 1 mm antara posisi target dan posisi tujuan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alimin Roche. Kontrol Posisi Aktuator Pneumatik dengan Katup On/Off Secara PWM. Surabaya. 2007.

S. Cajetinac, D. Seslija, S. Aleksandrov, M. Todorovic. PWM Control and Identification of Frequency Characteristics of a Pneumatic Actuator using PLC Controller. Kaunas: Technologija, 2012.

Atika Wahyuningsih. ”Sistem Pengepakan Produk Dengan Kendali PLC Siemens S7-300.” Buku Tugas Akhir Sarjana I, Jurusan Teknik Elektro, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, 2015.

Diono.”Monitoring dan Control Rumah Pintar Menggunakan Programmable Logic Control dan Pemrograman C#”, Buku Tugas Akhir Diploma IV, Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Batam, 2015.

Guntur Wicaksono. “Kontrol PID Pada Robot Barelang 3.1”, Buku Tugas Akhir Diploma III, Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Batam, 2012.

Sri Kusumadewi, “Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya) edisi pertama,” Graha Ilmu : Jakarta, 2003.

Ankita Nayak, Mahesh Singh. Study of Tuning of PID Controller by Using Particle Swarm Optimization. India, 2015.

Proportional directional control valves MPYE, Festo.

Modicon M340 With Unity Pro Analog Input/Output Modules User Manual. Schneider. 2012

Udeh Tochukwu. Effect of PID Controller in Closed Loop Feedback System. 2014.

Published
2018-12-31
How to Cite
Hardiansyah, R. (2018). Kendali Posisi Linear Actuator Berbasis PID Menggunakan PLC. Journal of Applied Electrical Engineering, 2(1), 12-17. https://doi.org/10.30871/jaee.v2i1.1077