ANALISIS PERBANDINGAN PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU METHANOL ANTARA PENDEKATAN MODEL ECONOMIC ORDER QUANTITY DENGAN JUST IN TIME PADA CV MAMABROS SERVICINDO BATAM

  • Dwi Kartikasari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pengendalian persediaan yang optimal digunakan oleh CV Mamabros Servicindo Batam dengan membandingkan antara kebijakan yang telah dijalankan perusahaan dengan dua metode persediaan yaitu Economic Order Quantity dan Just In Time. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini observasi, dokumentasi dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah EOQ formula, Safety Stock, Reorder Point serta Just In Time Formula. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem EOQ dan JIT lebih efisien dibandingkan dengan sistem persediaan perusahaan. Namun sistem JIT memiliki tingkat efisiensi biaya yang lebih tinggi dibanding sistem EOQ. Pada tingkat permintaan persediaan methanol 41.273 liter, sistem persediaan perusahaan menghasilkan biaya persediaan sebesar Rp 6.946.052, dibandingkan dengan JIT yang hanya memiliki biaya persediaan sebesar Rp 3.056.263 dapat menghemat biaya sekitar Rp 3.889.789 atau 55%  lebih efisien dari biaya persediaan perusahaan. Sedangkan metode EOQ menghasilkan biaya persediaan sebesar Rp 3.700.608, atau hanya 46% lebih efisien dari biaya persediaan berdasarkan kebijakan perusahaan.

Published
2017-09-28
How to Cite
KARTIKASARI, Dwi. ANALISIS PERBANDINGAN PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU METHANOL ANTARA PENDEKATAN MODEL ECONOMIC ORDER QUANTITY DENGAN JUST IN TIME PADA CV MAMABROS SERVICINDO BATAM. JOURNAL OF APPLIED MANAGERIAL ACCOUNTING, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 8-22, sep. 2017. ISSN 2548-9917. Available at: <http://jurnal.polibatam.ac.id/index.php/JAMA/article/view/471>. Date accessed: 24 feb. 2018.