Evaluasi Efisiensi Motor Induksi Satu Fase Berdaya Kurang dari 1 HP yang Dilakukan Perbaikan dengan Cara Rewinding

  • Fauzun Atabiq Electrical Engineering Study Program, Politeknik Negeri Batam
  • Arif Febriansyah Juwito Electrical Engineering Study Program, Politeknik Negeri Batam
  • Afrizal Afrizal Electrical Engineering Study Program, Politeknik Negeri Batam
  • Ilham Kurnia Electrical Engineering Study Program, Politeknik Negeri Batam
Keywords: Evaluasi, Efisiensi, Motor induksi satu fase, Rewinding

Abstract

Perbaikan sebuah motor listrik yang berkualitas selain dapat mengurangi biaya sebuah industri juga dapat menjaga proses operasi dan produksi terjamin. Meskipun demikian dengan kenaikan tarif dasar listrik beberapa tahun terakhir, maka yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana efisiensi terhadap sebuah motor yang dilakukan rewinding. Efisiensi adalah ukuran efektifitas seberapa banyak energi listrik yang diserap oleh motor diubah menjadi tenaga mekanis yang termanfaatkan dibandingkan dengan rugi-rugi daya yang timbul pada motor. Pada penelitian ini telah dilakukan sebuah evaluasi efisiensi terhadap motor-motor induksi satu fase berdaya kurang dari 1 hp yang dilakukan perbaikan dengan cara rewinding secara manual. Menggunakan metode copy terhadap tiga buah motor induksi, hasil penelitian menunjukkan secara keseluruhan nilai efisiensi motor induksi yang dilakukan rewinding memiliki nilai efisiensi yang lebih baik. Nilai efisiensi motor induksi satu fase berdaya kurang dari 1 Hp yang dilakukan perbaikan dengan cara rewinding mengalami peningkatan rata-rata +16.93 % dengan rentang +2.42 % s.d. +20.11 %.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] “The Effect of Repair/Rewinding on Motor Efficiency: EASA/AEMT Rewind Study and Good Practice Guide to Maintain Motor Efficiency.” [Online]. Available: /resources/booklet/effect-of-repair-rewindingon-motor-efficiency. [Accessed: 01-Mar-2018].
[2] J. C. Hirzel, “Impact of rewinding on motor efficiency,” 1994, pp. 104–107.
[3] M. A. El-Sharkawi, Fundamentals of Electric Drives. United Stated: Brooks/Cole Publishing Company, 2000.
[4] W. Cao, K. J. Bradley, and J. Allen, “Evaluation of additional loss in induction motors consequent on repair and rewinding,” IEE Proceedings - Electric Power Applications, vol. 153, no. 1, p. 1, 2006.
[5] W. Cao, “Assessment of induction machine efficiency with comments on new standard IEC 60034-2-1,” 2008, pp. 1–6.
[6] W. L. Silva, A. M. N. Lima, and A. Oliveira, “A Method for Measuring Torque of Squirrel-Cage Induction Motors Without Any Mechanical Sensor,” IEEE Transactions on Instrumentation and Measurement, vol. 64, no. 5, pp. 1223–1231, May 2015.
Published
2018-04-05