Analisa Pengaruh Temperatur dan Tekanan Injeksi Moulding terhadap Cacat Produk

  • Heri Yanto Program Studi Teknik Mesin, Politeknik Negeri Batam
  • Ihsan Saputra Program Studi Teknik Mesin, Politeknik Negeri Batam
  • Sapto Wiratno Satoto Program Studi teknik Perencanaan dan Konstruksi Kapal, Politeknik Negeri Batam
Keywords: injeksi moulding, temperatur, tekanan, cacat produk

Abstract

Salah satu hal yang menjadi tolak ukur dalam menilai produktifitas dan efisiensi suatu industri adalah dengan melihat tingkat cacat produk yang terjadi dalam menghasilkan suatu produk. cacat produk yang sering terjadi antara lain, short moulding, warpage, sink mark, flow line, flashess, bubble, hole/gap, over moulding. Pada penelitian ini di kaji tentang pengaruh temperatur dan tekanan  pada mesin injeksi moulding berbahan plastic jenis (pvc compound),dengan melakukan analisa penyebab cacat produk  berdasarkan parameter temperatur dan tekanan pada barrel, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meminimalisir cacat produk yang dihasilkan mesin injection moulding dan mendapatkan setting parameter moulding yang tepat, Metode yang akan dilakukan yaitu memvariasikan setting termperatur dengan variabel bebas yaitu 150oC, 170oC, 190oC dan variable bebas pada tekanan 60 Mpa dan 100 Mpa, di lakukan proses secara bertahap sebanyak 3 kali running mesin dalam satu kali setting parameter untuk memastikan berapa banyak cacat produk. Dari hasil pengaturan parameter mesin injeksi moulding telah ditemukan parameter yang optimal dengan cacat produk yang paling sedikit pada variasi temperatur 170oC dan tekanan 60 MPa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Kalpakjian, Serope.Manufacturing Engineering And Technology. Addison-Wesley Publishing Co, 1989.
[2] Surdia,Tata. Pengetahuan Bahan Teknik. Pradnya Paramita, 2000.
[3] Akbarzadeh, A Sadeghi.Parameter Study in Plastic Injection Moulding Prosess using Statistical Methods and IWO Algoritm. International Journal Modeling And Obtimization , Vol. 1, No.2, June 2011.
[4] Sendi, Dwi Oktaviandi. Analisa Pengaruh Parameter Tekanan dan Waktu Penekanan Terhadap Sifat Mekanik dan Cacat Penyusutan Dari Produk Injection Moulding Berbahan Polyethylene (PE), Skripsi S-1 Teknik Mesin, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Cilegon, 2012.
Published
2018-02-22

Most read articles by the same author(s)