Pengembangan Exhaust Autofilter Pada Smoking Room Berbasis Arduino

  • Dewa Putranda Politeknik Negeri Batam
  • Muhammad Prihadi Eko Wahyudi Politeknik Negeri Batam

Abstract

Pengembangan exhaust ini dilakukan karena masih  banyak penggunaan exhaust atau blower yang hanya membuang asap keluar dari smoking room tanpa melakukan filterasi pada asap tersebut, sehingga tidak ramah lingkungan bagi lingkungan sekitar. Maka dari itu dengan produk yang  penulis  rancang ini akan menjadikan blower yang lebih ramah lingkungan serta meminimalisir pencemaran udara yang disebabkan oleh asap rokok. Alat ini dapat bekerja secara otomatis dengan menjadikan logika fuzzy sebagai sistem pengambilan keputusan, sehingga lebih efisien dalam penghematan daya serta langsung melakukan filterasi terhadap asap tersebut menggunakan air agar asap yang tadinya dihirup dapat di minimalisir sebelum di buang ke udara bebas untuk pembuangan exhaust yang lebih ramah lingkungan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa alat bekerja sesuai dengan perencanaan, yang mana alat bekerja ketika mendeteksi asap >0 ppm alat akan bergerak stabil secara keseluruhan dan kecepatan kipas yang disesuaikan dengan pembacaan sensor input. Sementara keadaan alat yang masih belum efektif dalam melakukan filterasi ditandai dengan pembacaan sensor output pada pembuangan >35 ppm dalam proses yang sedang berjalan maka fuzzy aktif sehingga memaksimalkan kinerja tabung filter. Pengambilan data pada saat filterasi mulai menurunkan ppm ini sudah dilakukan, dari hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem fuzzy berhasil menurunkan ppm asap pada pembacaan sensor output serta nilai error yang dihasilkan sehingga menjadi 0 pada time place tertentu sehingga alat kembali menghasilkan output yang aman. Untuk pengujian pada output yang dihasilkan dari fuzzy juga sudah dilakukan dengan membandingkan 5 data pembacaan sensor secara actual dengan perhitungan menggunakan rumus logika fuzzy, yang mana hasilnya menunjukkan bahwa tingkat kesalahan dari output fuzzy sangat rendah bahkan mencapai 0% setelah dilakukan perbandingan data.

Downloads

Download data is not yet available.

References

P. Surya and A. Fahrudin, “Pendeteksi Asap Rokok Otomatis Berbasis Mikrokontroler ATMEGA8535,” J. Penelit. Tek. Ind., vol. 1, no. 1, pp. 18–28, 2021.

N. D. Setiawan, “Otomasi Pencampur Nutrisi Hidroponik Sistem NTF (Nutrient Film Technique) Berbasis Arduino Mega 2560,” J. Tek. Inform. Unika St. Thomas, vol. 03, no. 2, pp. 78–82, 2018.

P. Dan, I. Pendeteksi, and A. Rokok, “Gedung Fakultas Ilmu Terapan Telkom University Design and Implementation of Cigarette Detector At Telkom Applied,” vol. 5, no. 3, pp. 2970–2979, 2019.

A. Syaputra, F. Arkan, and T. H. Budianto, “Rancang Bangun Alat Pendeteksi Kadar Gas Karbon Monoksida (CO) Pada Asap Rokok Berbasis Arduino Dan Android,” Pros. Semin. Nas. Penelit. dan Pengabdi. Masy., no. 2016, pp. 854–848, 2018.

A. P. Zanofa, R. Arrahman, M. Bakri, and A. Budiman, “Pintu Gerbang Otomatis Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno R3,” J. Tek. dan Sist. Komput., vol. 1, no. 1, pp. 22–27, 2020, doi: 10.33365/jtikom.v1i1.76.

A. Saefullah, D. I. Desrianti, and M. R. Kurniawan, “Pengontrolan Buka Tutup Atap Dan Blower Otomatis Untuk Jemuran Menggunakan Mikrokontroller Arduino Uno Berbasis Android,” ICIT J., vol. 2, no. 2, pp. 99–108, 2016, doi: 10.33050/icit.v2i2.22.

Abdul Rasyid, Mochammad Junus, Arinalhaq Fatachul, Binti Asfaki Ludiyah, and Marina Annisa Fitri, “Pengaturan Perangkat Exhaust Pada Ruang Merokok Menggunakan Wireless Sensor Network,” J. Tek. Ilmu Dan Apl., vol. 9, no. 2, pp. 100–107, 2021, doi: 10.33795/jtia.v9i2.42.

Published
2023-10-31