Penerapan Multiplayer Pada Aplikasi Permainan Android Menggunakan Photon PUN dengan Metode Prototyping

  • Liony Lumombo Politeknik Negeri Batam
  • Michael Jones Politeknik Negeri Batam
Keywords: Game, Application, Multiplayer, Photon PUN, Prototyping Method, Qualitative

Abstract

Pada perkembangan pasar industri game, salah satu fitur yang sering ditemui pada game zaman sekarang adalah kemampuan untuk bermain bersama dengan para pemain lainnya secara online dan fitur tersebut sering juga disebut dengan multiplayer. Pada fitur Multiplayer Game, terdapat penyinkronan data dari pergerakan pemain ke pemain lain. Komunikasi yang digunakan untuk mekanisme sinkronisasi dapat melalui tiga jenis mekanisme yang terdiri dari Object Synchronication, Remote Procedure Call (RPC), dan Custom Properties. Namun seiring perkembangan dari mekanisme sinkronisasi, permasalahan yang sering dihadapi untuk mengembangkan multiplayer online games di antaranya adalah permasalahan latency yang berbeda dari masing-masing pemain tergantung dari koneksi internet yang digunakan masing-masing pemain sehingga bisa mengganggu permainan dari pemain lain yang memiliki latency lebih baik. Dalam proses pembuatan fitur multiplayer, proses penerapan fitur multiplayer yang akan dilakukan menggunakan software Unity 3D dengan plugin Photon PUN salah satunya PhotonView dan akan menggunakan Metode Prototyping dan Metode Penelitian Kualitatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. G. Gani, “Sejarah Dan Perkembangan Internet Di Indonesia”, Jurnal Mitra Manajemen, 5(2), 2020.

M. Fahrullazi, Riwinoto, S.E. Hutapea, “Implementasi Penerapan MDA pada Game Endless Runner 2D CAVE RACER Berbasis Android”, Journal of Applied Multimedia and Networking, 3(2), 19-29, 2019.

A. Mulachela, K. Rizki, dan Y.A. Wahyuddin, “Analisis Perkembangan Industri Game di Indonesia Melalui Pendekatan Rantai Nilai Global (Global Value Chain)”, Indonesian Journal of Global Discourse, 2(2), 32-51, 2020.

R. Hendrawan, “Pengembangan Protokol Fitur Multiplayer pada Permainan Satu Lawan Satu dengan Menggunakan Servergame Terbuka”, 2018.

Riwinoto, A. Muspita, “Penerapan Multiplayer Pada Aplikasi Permainan Android (Studi Kasus Aplikasi Permainan” Bisa Jadi”)”, Prosiding Semnastek, 2017.

G. Algani, A. Arianingsih, “Tanggapan Responden Terhadap Game Sagasu Goi! Sebagai Media Alternatif Pembelajaran Kosakata Tingkat Dasar”, Mahadaya Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya, 1(1), 49-58, 2021.

S.S. Sarwodi, W.S. Wardhono, M.A. Akbar, “Penerapan Multiplayer Pada Gim Tower Defense Menggunakan Photon Unity”, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer e-ISSN, 2548, 964X, 2020.

D. Polančec, I. Mekterović, “Developing MOBA games using the Unity game engine”, In 2017 40th International Convention on Information and Communication Technology, Electronics and Microelectronics (MIPRO) (pp. 1510-1515). IEEE, 2017.

D.E. Herlyviana, D. Januarita, A. Priyanto, “Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Kelurahan Karangklesem Dengan Metode Prototyping”, SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, 6(1), 2-10, 2018.

H. Arfandy, “Rancang Bangun Sistem Informasi Pariwisata Sulawesi Selatan Berbasis Android Dengan Menggunakan Metode Prototyping”, SINTECH (Science and Information Technology) Journal, 3(1), 70-76, 2020.

W. Wahidmurni, “Pemaparan metode penelitian kualitatif”, 2017.

M.R. Fadli, “Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif”, Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54, 2021.

Published
2023-04-30

Most read articles by the same author(s)