Analisis Putaran Puli Roda Gigi Flywheel Penggerak Beban Putaran Roda Gigi Transmisi Otomotif

  • Parlindungan Pandapotan Marpaung Institut Teknologi Indonesia
Keywords: automotive transmission system, transmission input shaft, transmission output shaft

Abstract

Pengembangan daya mekanik penggerak putaran puli flywheel berasal dari sumber daya tenaga hasil pembakaran bahan bakar bensin digantikan menjadi sumber daya tenaga putaran poros output motor listrik ac. Daya tenaga putaran poros output motor listrik ac dengan kapasitas daya listrik sebesar Pin = 310,4 watt menghasilkan putaran puli flywheel dengan kecepatan putar Vrpm(in)  = 347,8 rpm, torsi putaran Tin = 8,53 Nm ditransmisikan menuju setiap masing-masing beban putaran puli roda gigi transmisi maju-1 s/d transmisi maju-4 dan transmisi mundur. Hasil penelitian parameter Vrpm(in) sebesar 347,8 rpm tersebut ditransmisikan menuju beban roda gigi transmisi maju-1 menghasilkan parameter mekanik putaran poros output Vrpm(maju-1) = 89,6 rpm, torsi Tout(maju-1) = 33,1 Nm dan daya mekanik Pout(maju-1) = 191,87 watt. Kemudian ditransmisikan menuju beban roda gigi transmisi maju-2 menghasilkan putaran poros output Vrpm(maju-2) = 162,7 rpm, Tout(maju-2) = 17,34 Nm dan Pout(maju-2) = 100,51 watt. Selanjutnya ditransmisikan menuju beban roda gigi transmisi maju-3 menghasilkan Vrpm(maju-3) = 248,2 rpm, Tout(maju-3) = 11,36 Nm dan Pout(maju-3) = 65,85 watt. Ditransmisikan menuju beban roda gigi transmisi maju-4 menghasilkan Vrpm(maju-4) = 347,8 rpm, Tout(maju-4) = 8,11 N dan Pout(maju-4) = 47,01 watt. Untuk menuju beban roda gigi transmisi mundur menghasilkan Vrpm(mundur) = 75,4 rpm, Tout(mundur) = 37,44 Nm dan Pout(mundur) = 217,03watt.

Downloads

Download data is not yet available.

References

B.I Nyoman., Sampurno, Teknologi Otomotif Edisi Kedua, Guna Widya, 2010.

Suriadi IGAK, Adi Atmika I Ketut., Dwi Budiana Made., Perbaikan Performa Traksi dengan Modifikasi Rasio Gigi Transmisi, Prosiding

Konferensi Engineering Perhotelan V, Denpasar, 2014.

Novie Susanto, dkk., ANALISIS PENGARUH TRANSMISI MOBIL MANUAL DAN OTOMATIS TERHADAP TINGKAT KESULITAN YANG DIHADAPI

PENGEMUDI PEMULA, Jurnal Teknik Industri, Vol. 12, No. 3, September 2017.

Nazaruddin, dkk., Analisis Kinerja Sistem Transmisi Pada Mobil Hemat Energi Tipe Hybrid, Seminar Nasional ITENAS, 2021, pp. 36-41.

Igak Suriadi, dkk, Perancangan Rasio Sistem Transmisi Kendaraan Penggerak Roda Belakang Untuk Meningkatkan Kinerja Traksi, Jurnal Energi

dan Manufaktur Vol. 9 No. 1, April 2016, pp. 44 –48.

Sri Komaladewi AAIA., Suriadi IGAK., Adi Atmika I Ketut, Geometric Progression Application In Design Transmission Gear Ratio,

International Conference on Suistanable Technology Development, Denpasar-Bali, 2014.

Rafi Rasyad, dkk, Analisis dan Studi Eksperimen Perbandingan Transmisi Manual dengan Transmisi CVT pada Mobil Honda Jazz 2018,

Berdasarkan Karakteristik Traksi dan Efisiensi Transmisi, Jurnal Teknik ITS Vol. 8, No. 1, 2019.

http://www.rumus-fisika.com/html, kelajuan dan kecepatan 25 Agustus 2018.

Aditya Kuswardana, Mobil listrik dengan kapasitas satu penumpang, Under Graduates Thesis, Universitas Negeri Semarang.

Margana, Aplikasi Motor DC 1000 W 48 volt sebagai Penggerak Mobil Listrik Ramah Lingkungan, Prosiding SNST Fakultas Teknik, Vol.1 , No.1,

Nalapana N., Sri Agustina, Analisa Motor DC Sebagai penggerak mobil listrik, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya, Jurnal

Mikrotiga, Vol. 2, No. 1, ISSN : 2355-0457, Januari 2015.

Published
2022-10-31