OPTIMALISASI COMPUTER MEMORY USAGE MENGGUNAKAN METODE APLIKASI MICROSOFT BINDER

  • Putu Gde Sukarata Teknik Elektro, Politeknik Negeri Bali, Bukit Jimbaran, Badung
  • I Gede Suputra Widharma Teknik Elektro, Politeknik Negeri Bali, Bukit Jimbaran, Badung
  • I Made Purbhawa Teknik Elektro, Politeknik Negeri Bali, Bukit Jimbaran, Badung
  • I Gede Wahyu Antara Kurniawan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Bali, Bukit Jimbaran, Badung
Keywords: Perangkat Keras, Perangkat Lunak, Memory, Microsoft Binder, Optimal

Abstract

Perkembangan teknologi komputer sekarang ini sangat jauh berkembang dari tahun-tahun sebelumnya. Perkembangan ini terjadi di semua bidang kehidupan. Seperti dunia kedokteran, industri, pertanian dan yang lainnya. Teknologi juga sangat membantu berbagai pekerjaan manusia menjadi lebih mudah, cepat dan efisien. Teknologi komputer ini berupa perangkat keras dan perangkat lunak. Perangkat lunak yang digunakan dapat berupa sistem dan aplikasi. Untuk menjalankan sistem dan aplikasi ini memerlukan perangkat keras berupa ruang-ruang sebagai tempat menyimpan yang disebut dengan memory. Memory memiliki sifat sementara dan permanen. Besarnya ruang memory ini akan mempengaruhi sistem kerja komputer dan berjalannya aplikasi yang digunakan. Semakin banyak aplikasi yang digunakan, otomatis akan dapat memenuhi ruang memory yang ada. Aplikasi Microsoft Binder adalah salah satu fitur yang tidak terlalu banyak diketahui penggunaannya sebagai pengikat dokumen yang dihasilkan dari berbagai aplikasi. Microsoft Binder seperti klip pengikat dan menyimpan dokumen terkait secara bersamaan. Microsoft Binder memungkinkan kita menggabungkan berbagai file menjadi satu untuk memudahkan pengelolaan. Dalam hal ini penggunaan memory yang terpakai sudah tentu akan berkurang sehingga kerja komputer menjadi lebih optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

1. Faradina Harumi, 2014, Analisis Penggunaan Memory Pada Perangkat Lunak Pemutar Berkas Multimedia, Yogyakarta, Andy Offset.
2. Habibullah Al Faruq, 2015, Pengertian RAM, Fungsi RAM dan Jenis RAM, Yogyakarta, Andy Offset.
3. Krutz, Ronald L. Ph.D, Interfacing Techniques In Digital Design With Emphasis On Microprosessors, Carnegie Mellon University.
4. Rizkiawan, Rizal, Tutorial Perancangan Hardware II, PT. Elexmedia Komputindo, Jakarta
5. Schuler, Charles A and William L.Mc.Namee, Industrial Electronics And Robotics
6. Tirtamiharja, Samuel H Ir.M.Sc, Elektronika Digital, Cetakan Pertama, ANDI, Yogyakarta
7. Florensius, 2018, Implementasi Alokasi Memory Pada Sistem Komputer Berbasis Clustering K-Means, [online], (http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/680/282, diakses tanggal 9 Februari 2018)
8. Rauhulloh, 2016, Analisis Memory Usage Pada Game Pro Evolution Soccer, [online], (http://digilib.uin-suka.ac.id/22240/, diakses tanggal 9 Februari 2018)
9. Thomas Tarigan, 2016, Alokasi Memory Citra Bitmap 24 Bit, [online], (https://sriti.akakom.ac.id/prosiding/%28Thomas%20Tarigan%29%20ANALISIS%20ALOKASI%20MEMORI%20CITRA%20BITMAP%2024%20BIT.pdf, diakses tanggal 9 Februari 2018)
Published
2019-10-17