The PERBANDINGAN HASIL ANALISIS METODE ELEMEN HINGGA BERBASIS SOFTWARE DENGAN SIMPLE SUPPORTED CALCULATION PADA KAPAL 50 PAX CRANE BARGE

Penulis

  • Meida Perwira Antartika Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Batam
  • Budianto Budianto Jurusan Teknik Bangunan Kapal, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  • Muhamad Ari Jurusan Teknik Bangunan Kapal, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  • Ketut Suastika Prodi Teknik Perkapalan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30871/ji.v12i1.1451

Kata Kunci:

Metode elemen hingga, tongkang, perhitungan mekanika sederhana

Abstrak

Dewasa ini penggunaan Metode Elemen Hingga untuk analisis kekuatan suatu struktur semakin populer. Metode analisis tersebut pada umumnya dipermudah dengan menggunakan software. Pada penelitian ini dianalisis suatu struktur kostruksi forward storage platform pada kapal 50 PAX Crane Barge. Struktur pada kapal ini menggunakan BV grade A steel. Profil pada konstruksi forward storage platform ini, struktur menahan beban sebesar 6,4 ton (3,2 ton portside dan 3,2 ton startboard). Kondisi beban dianggap dalam kondisi statis, dinamis, dan impact. Struktur pada kosntruksi forward storage platform menggunakan profil angle bar L 75x75x6 sebagai penguat utama, masing-masing berjarak 1829 mm. penguat utama ini terhubung langsung dengan pelat, dan berfungi sebagai penyangga utama beban yang akan diberikan. Hasil Analisis menggunakan software berupa von Mises stress, normal stress, dan principal stress. Sebagai verifikasi, dilakukan perhitungan manual menggunakan metode Simple Supported Calculation. Pada penelitian ini membandingkan von Mises stress, normal stress, dan principal stress hasil Metode Elemen Hingga dengan stress hasil Simple Supported Calculation.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Akin, J. E. 2009. Finite Element Analysis Concepts via SolidWorks. Texas : Rice University Houston.

American Wood Council. 2007. Beam Design Formulas with Sear and Moment Diagram. Washington DC : American Forest & Paper Accosiation.

Bernarthdus, I. 2015. "Stress, Strength, Safety". Tersedia : http://www. academia.edu.

Budi, B. (2012). "Macam dan Jenis Kapal dalam Asuransi Rangka Kapal". Tersedia : http://www. akademiasuransi.org.

Bureau Veritas, 2011. Rules for the Certification of Lifting Appliances onboard Ships and Offshore Units. France : Marine & Offshore Division 92571 Neuilly sur Seine Cedex.

Bureau Veritas, 2014. Rules on Materials and Welding for the Classification of Marine Units. France : Marine & Offshore Division 92571 Neuilly sur Seine Cedex.

Engineering Analysis and Design Menu Engineering Design Consulting Services. "Factor of Safety Review". URL:http://www.engineersedge.com.

Genc, M. 2001. The Impact of Immigration on International Trade:A Meta-Analysis. Bonn : Forschungsinstitut zur Zukunft der Arbeit Institute for the Study of Labor.

Iremonger, M. J. 1990. Dasar Analisis Tegangan. Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press), Jakarta.

Maljaars, J. 2002. Dynamic Increment Factor in Modular Expansion Joins of Bridges Under Heavy Traffic Loading. 7th International Symposium on Heavy Vehicle Weight & Dimensions. Delft, The Netherlands, June 16-20, 2002.

Mulyanto, I. 2011. Analisa Kekuatan Konstruksi Car Deck pada Kapal KM. Dharma Ferry 3 dengan Metode Elemen Hingga. Kapal. Vol. 8, no. 2, Juni 2011.

Popov, E.. 1996. Mechanics of materials. USA : Prentice Hall.

Sukamto, E. 2014. Forward Storage Platform, No. Drawing 13-012-S-A1-AWB-B-24, No. Project D271 50 Pax Crane Barge. PT Marine Cadcam Indonesia, Batam.

Timoshenko, S. 1989. Dasar-dasar Perhitungan Kekuatan Bahan. Restu Jakarta : Restu Agung.

Timoshenko, S. 2000. Mekanika Bahan. Jakarta : Erlangga.

Sastranegara, A. 2009. "Mengenal Uji Tarik dan Sifat-sifat Mekanik Logam". Tersedia : http://www.infometrik. com.

Singer, F. "Strength of Materials 4th Editon". Tersedia : http://www.comsizo.com.

Diterbitkan

2020-04-22