Studi Eksperimen Pengaruh Initial Constant Heel Terhadap Kinerja Manuvering Kapal
Abstract
Manuverabilitas suatu kapal adalah salah satu kunci untuk menjamin keselamatan jalannya operasional kapal. Kondisi manuver kapal dalam kondisi kapal tidak normal misal mengalami kemiringan akibat bergeseran muatan atau akibat kapal mengalami kebocoran (constant heel) perlu dilakukan antisipasi. Mengetahui karakteristik manuvering kapal dengan kondisi initial constant heel melalui uji model akan memberikan gambaran riil yang terjadi dan menjadi masukan dalam permodelan matematis. Untuk mengetahui pengaruh kemiringan kapal terhadap kinerja manuver kapal maka pada tulisan ini menyajikan hasil pengujian turning dan zig-zag maneuver pada sebuah model kapal patroli pantai dalam kondisi normal dan initial port side constant heel dengan metode free running model. Dari hasil pengujian didapatkan bahwa penurunan dan kenaikan parameter turning maneuverdalam kondisi kapal miring terlihat lebih siknifikan pada transfer dan tactical diameter jika dibandingkan dengan kondisi normal. Saat kapal miring ke kiri (port side initial constant heel) melakukan port side turning, transfer dan tactical diameter model kapal dengan kondisi miring ke kiri mengalami penurunan 2.14% dan 3.03%, sebaliknya saat starboard side turning mengalami peningkatan pada transfer diameter 6.20% dan tactical diameter naik menjadi 8.09% dibandingkan kondisi normal, sedangkan pengaruh initial constant heel pada manuver zig-zag tidak siknifikan
Downloads
References
Fang, M.C., Luo, J.H., and Lee, M.L., “A Nonlinear Mathematical Model for Ship Turning Circle Simulation in Waves”, Journal of Ship Research, Volume 49, pp. 69 – 79, 2005.
Paroka, D., Muhammad, A.H., and Asri, S., “Prediction of Ship Turning maneuvers in Constant Wind and Regular Waves”, International Journal of Technology, UNHAS, Makassar, pp. 387-397, 2017.
Skejik, R., Faltinsen O.M., “Maneuvering Behaviour of Ship in Irregular Waves”, Proceedings of the ASME 32nd International Conference on Ocean, Offshore and Arctic Engineering OMAE2013, France, 2013.
Chroni, D., Liu, S., Plessas, T., and Papanikolaou, A., “Simulation of the Maneuvering Behavior of Ships Under the Influence of Environmental Forces”, Proceedings of Towards Green Marine Technology and Transport - IMAM 2015, Pula-Croatia, 2015.
Papanikolaou, A., Fournarakis, N., Chroni, D., Liu, S., and Plessas, T., “Simulation of the Maneuvering Behavior of Ships in Adverse Weather Conditions”, Proceedings of 31st Symposium on Naval Hydrodynamics, California, 2016.
Hirano, M., Takashina, J., Takeshi, K., and Saruta, T., “Ship turning trajectory in Regular Waves”, Transactions of West-Japan Society of Naval Architects 60, 17–31, 1980.
Hirano, M., “On the Calculation Method of Ship Maneuvering Motion at Initial Design Phase“, Journal of the Society of Naval Architects of Japan 59, 71–81, 1980.
Ueno, M., Nimura, T., and Miyazaki, H., “Experimen-tal Study on Maneuvering Motion of a Ship in Waves”, Proceedings of the International Conference on Marine Sinulation and Ship Maneuverability, 2003.
Yasukawa, H., “Simulations of Ship Maneuvering in Waves”, Journal of the Japan Society of Naval Archi-tects and Ocean Engineers 4, 127–136, 2006.
Yasukawa, H., Nakayama, Y., “6-dof Motion Simulations of a Turning Ship in Regular Waves”, Poroceedings of International Conference on Marine Simulation and Ship Maneoeuvrability, 2009.