Analisis Video Reels Terhadap Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Engagement Media Sosial Instagram @ruasjaricoffee
DOI:
https://doi.org/10.30871/jamn.v8i1.8163Kata Kunci:
Video Reels; Engagement; Insight: InstagramAbstrak
Cafe Ruas Jari akhir-akhir ini mengalami penurunan pengunjung sehingga pengelola membutuhkan inovasi media promosi. Menyesuaikan dengan perkembangan trend saat ini, pengelola Cafe Ruas Jari menyoroti kegiatan promosi melalui media sosial. Hal ini karena, media sosial memiliki peluang untuk meningkatkan jumlah pengunjung yang datang ke Cafe Ruas Jari. Penelitian ini berfokus untuk membuat konten promosi dalam bentuk video yang akan didistribusikan melalui media sosial, kemudian dilakukan analisis peningkatan pengunjung melalui engagement Instagram. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development, yaitu membuat konten promosi dalam bentuk video reels, selanjutnya dianalisis agar dapat mengetahui perkembangan konten promosi video berdasarkan model pendekatan AIDA. Pada analisis ini, dilakukan dengan mengukur aspek perkembangan engagement dan insight yang terdapat pada konten video promosi yang telah dipublikasikan pada Instagram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten promosi yang memiliki interaksi dan diproduksi dengan model AIDA memiliki perbedaan jangkauan pengguna yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan video sebelumnya. Terjadi peningkatan angagement Instagram Ruas Jari untuk peningkatan pengunjung dan melalui penilaian responden bahwa video memenuhi kriteria digunakan sebagai media promosi dan dapat menarik perhatian penonton.