Potret Netnografi Masyarakat Terhadap Video Branding Majesty Group
DOI:
https://doi.org/10.30871/jamn.v7i2.7064Kata Kunci:
Video, company profile, branding, netnografiAbstrak
Majesty Group adalah induk perusahaan yang berevolusi pada berbagai bidang bisnis khususnya di Kota Batam, dan ingin membangun aset untuk dapat dikembangkan sehingga dapat dikenal oleh masyarakat. Branding perusahaan sangat penting, terutama di era digital saat ini. Oleh karena itu, pada penelitian ini dibuat sebuah branding dalam bentuk video Company Profile. Penelitian ini menerapkan pendekatan R n D, yaitu membuat video branding menggunakan tahapan produksi pada Villamil Molina dan menganalisis pengaruh video dalam memperkenalkan perusahaan dengan pendekatan Netnografi. Hasil penelitian adalah adanya peningkatan persentasi pengenalan masyarakat terhadap Majesty Group sebesar 79,2%. Sementara pengenalan perusahaan berdasarkan data youtube melalui jumlah like, view, dan comment berdasarkan 4 fitur antara lain: Ringkasan, Jangkauan, Interaksi dan Penonton, diperoleh engagement rate mencapai 4,0%. Hal ini mengindikasikan bahwa video sebagai branding perusahaan memiliki nilai "Tinggi" sehingga produk yang dihasilkan memiliki pengaruh dalam mengenalkan perusahaan.